Dua Bulan Polemik dengan PT SUB Buntu, Warga Balongrejo tak Kunjung Dapat Solusi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dua Bulan Polemik dengan PT SUB Buntu, Warga Balongrejo tak Kunjung Dapat Solusi

Sabtu, 03 Desember 2016 19:42 WIB

Suasana hearing antara warga Dusun Balongrejo, Desa Pundong, Kecamatan Diwek dengan PT SUB Unit II di ruang komisi C DPRD Jombang, Jumat (2/12). foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – Puluhan warga Dusun Balongrejo, Desa Pundong, Kecamatan Diwek kembali mendatangi komisi C DPRD Jombang, Jumat (2/12) siang kemarin. Kedatangan mereka merupakan yang kedua kalinya setelah dua bulan lalu, Jumat (14/10) menyampaikan keluhan kepada anggota dewan melalui forum yang sama.

Warga menuntut PT SUB Unit II yang berada di daerahnya mempertanggungjawabkan kesepakatan hasil hearing (dengar pendapat) sebelumnya. Di mana, dalam forum yang juga difasilitasi komisi C DPRD Jombang itu, pihak pabrik diminta bertanggungjawab atas pencemaran lingkungan yang berdampak kepada warga sekitar.

Dalam kesepakatan itu, pabrik pengolahan kayu itu diminta untuk memperbaiki salah satu cerobong asap yang menyebabkan pencemaran udara karena mengeluarkan debu yang menggangu kesehatan warga. Di samping itu, warga juga terganggu dengan dentuman keras yang bersumber dari pabrik.

PT SUB juga sebelumnya diminta untuk bermusyawarah dengan warga terkait pemberian kompensasi dengan difasilitasi pemerintahan desa. Meski pihak pabrik mengaku sudah berupaya mempertanggungjawabkan, namun warga belum menerimanya.

“Meski pihak pabrik sudah mengganti cerobong yang tidak sesuai standar, seperti hasil temuan BLH (badan lingkungan hidup) sebelumnya, tapi suara bising malah semakin keras mengganggu warga. Debu juga bertebaran masih masuk ke rumah-rumah warga,” ujar Izarrohman Fadly, salah satu perwakilan warga saat memaparkan dalam forum tersebut.

Kini, warga bersikukuh meminta pabrik juga memberikan kompensasi kepada warga terdampak. “Selama 4 tahun kami sudah menjadi korban terdampak pabrik, mohon ini jangan dibiarkan berlarut-larut,” tandas Izar.

Sementara itu, General Manajer PT SUB Fhaisal mengatakan, perbaikan cerobong seperti yang direkomendasikan Komisi C sudah dilakukannya. Menurutnya, perbaikan lainnya saat ini masih berjalan. Terkait dengan target waktu perbaikan selama dua bulan, pihaknya mengakui tak bisa memenuhi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pt sub jombang

Berita Terkait

Bangsaonline Video