Wujudkan Pilkada Berintegritas, Panwaslu Pasuruan Gelar Deklarasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Wujudkan Pilkada Berintegritas, Panwaslu Pasuruan Gelar Deklarasi

Wartawan: Andy Fachrudin
Kamis, 15 Februari 2018 18:47 WIB

Forkopimda, Panwascam, PPL, PPK se - Kabupatèn Pasuruan, Ormas, Paslon, Parpol, dan OPD terkait juga turut serta membacakan Deklarasi Tolak dan Lawan Politik uang dan politisasi SARA untuk pilkada 2018. Foto: ANDY F/BANGSAONLINE

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) melalui Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pasuruan mengajak partai politik mendeklarasikan tolak dan lawan politik uang dan politisasi suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) untuk pemilihan kepala daerah serentak 2018 yang berintegritas.

"Komitmen bersama ini menjadi kunci bagi kita semua untuk secara bersama-sama menciptakan setiap tahapan pilkada 2018 bebas dari pengaruh politik transaksional dan penggunaan SARA dalam kampanye pilkada," kata Ketua Panwaslu Kabupaten Pasuruan Achmari, di Halaman Bang Kodir, Pogar - Bangil, Pasuruan, Kamis (15/2). 

Pernyataan komitmen pengurus partai politik disimbolkan dengan pembubuhan cap telapak tangan di spanduk. Telapak tangan melambangkan penolakan terhadap praktik politik uang dan penggunaan isu SARA dalam penyelenggaraan pilkada 2018.

Para perwakilan partai politik menyatakan akan mengawal pemilihan agar tidak menggunakan praktik politik uang dan SARA. Sejumlah partai politik yang hadir dalam deklarasi itu di antaranya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) , Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB), PAN, Partai Perindo, serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Berikut ini deklarasi yang dibacakan partai politik; Mengawal pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, tahun 2018 dari praktik politik uang dan politisasi SARA, karena merupakan ancaman besar bagi demokrasi dan kedaulatan rakyat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   panwaslu pasuruan

Berita Terkait

Bangsaonline Video