Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerintah Diminta Memperhatikan Kelestarian Alam

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerintah Diminta Memperhatikan Kelestarian Alam Pokmaswas Bahari Lestari Jember saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Bahari Lestari  memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Minggu (5/6/2022). Dalam agenda tersebut, pemerintah diminta untuk memperhatikan kelestarian lingkungan yang ternyata dapat sekaligus menuai manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Masrukin, Ketua Pokmaswas Bahari Lestari yang juga sebagai Ketua Forum Pokmaswas  mengatakan bahwa pihaknya butuh perhatian pemerintah untuk terus melakukan konservasi di sempadan pantai wilayah Gumukmas yang kini diubah menjadi salah satu ekowisata di .

"Ya mudah- mudahan lah, pemerintah ini sangat peduli pada kita- kita ini. Sehingga ada bantuan tanaman ini (mangrove), maksudnya memperbanyak. Karena saya cuma bisa tanam, tapi tidak punya modal," ungkapnya.

Ia berharap pemerintah dapat mendukung pihaknya agar dapat terus melakukan konservasi di sempadan pantai dengan menanam mangrove. Hal tersebut juga memberikan manfaat ekonomi bagi nelayan di pesisir pantai.

"Sangat-sangat banyak (manfaat bagi masyarakat). Coba lihat sekarang Getem (salah satu objek wisata di pesisir Gumukmas)," ujarnya.

Menurut dia, konservasi alam dengan menanam mangrove dapat memberi manfaat lebih untuk masyarakat. 

"Memang wisata, terus buahnya itu bisa untuk sirup, bisa jadi dodol, kripik, dan banyak lainnya." tuturnya.

Magrove juga tanaman yang sangat disarankan untuk menjaga wilayah pesisir laut dari abrasi dan Tsunami. Ia juga menjelaskan kemanfaatan secara ekologi.

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO