Memahami Nutrisi dan Bahan Makanan untuk Kucing

Memahami Nutrisi dan Bahan Makanan untuk Kucing Nutrisi yang seimbang merupakan unsur penting dalam makanan kucing. (foto: pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bagi pemilik , pola dan asupan nutrisi makanan adalah komponen penting dalam memastikan bahwa tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.

Nutrisi yang seimbang dibagi ke dalam beberapa subkategori: protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral, serta air.

Protein dalam Makanan Kucing

Sumber protein didalam makanan yang umum adalah daging, ikan, unggas, dan beberapa bahan nabati seperti tepung kedelai dan gluten jagung.

Protein diketahui sebagai sumber pasokan asam amino, untuk menyusun rambut, kuku, kulit, tendon, kartilago dan ligamen.

Kucing, yang merupakan hewan mamalia karnivora sejati, membutuhkan asam amino esensial. salah satunya adalah taurin yang tidak didapatkan dari sumber protein nabati seperti tepung kedelai.

Karbohidrat dalam Makanan Kucing

Serealia dan tumbuhan merupakan sumber umum karbohidrat. Karbohidrat yang juga dikategorikan sebagai serat dan pati (gula), masing-masing berkontribusi memasok energi dan massa.

Pati tersusun atas berbagai jenis gula, seperti fruktosa dan glukosa. Melalui proses pencernaan, dapat dengan mudah mengubah gula menjadi energi yang dapat digunakan.

Serat bisa jadi akan atau tidak akan diuraikan menjadi asam lemak rantai pendek oleh bakteri yang ada di dalam usus . Sumber-sumber serat yang sangat dapat difermentasi, seperti getah, bisa memberikan asam lemak rantai pendek dalam jumlah tinggi. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO