Disinggung Soal Panwaslucam Titipan, Ini Tanggapan Ketua Panwaskab Tuban

Disinggung Soal Panwaslucam Titipan, Ini Tanggapan Ketua Panwaskab Tuban Ketua Panwaskab Tuban, Sullamul Hadi, saat memberikan keterangan usai pelantikan panwascam. (foto: suwandi/BANGSAONLINE)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 60 anggota panitia pengawas pemilu kecamatan (panwaslucam) resmi dilantik di gedung KSPKP Tuban, pagi tadi (29/5).

Namun sebanyak 60 anggota panwascam tersebut rawan akan titipan dari parpol maupun ormas. Ketika disinggung terkait anggota panwaslucam “titipan”, ketua panwaslukab tetap bersikukuh bahwa tidak ada anggota panwascam yang merupakan titipan.

“Tidak ada titipan, baik dari partai politik maupun ormas maupun organisasi kepemudaan,” kata Panwaslukab, Sullamul Hadi kepada BANGSAONLINE.com

Kendati demikian, lanjut Gus Hadi sapaan akrabanya, dirinya tidak mau menunjukkan hasil fit and proper test atau uji kelayakan dan kepantasan yang dilakukan 119 peserta kepada publik. Ia berdalih bahwa hasil test tersebut bersifat rahasia. "Untuk menjaga privasi peserta tes dengan hasil dan nilai yang didapatkan," ujarnya.

“Jika diurutkan berdasarkan rangking, maka dikhawatirkan bisa menjadi borok. Yang nilainya sedikit kan jadi malu, makanya tidak bisa ditunjukkan ke publik,” tambahnya.

Berbeda dengan pernyataan Sullamul Hadi, salah satu pendaftar panwaslucam yang gugur di fit and proper test atau di tes wawancara dan mengaku lebih suka bila lembaga pengawas pemilu kabupaten tersebut lebih terbuka.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO