Harga Berangsur Stabil, Pemkab Kediri Pastikan Ketersediaan Stok Cabai Aman

Harga Berangsur Stabil, Pemkab Kediri Pastikan Ketersediaan Stok Cabai Aman Seorang warga sedang berbelanja di pasar. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sejak memasuki bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 2024, Pemerintah Kabupaten Kediri intens melakukan pemantauan mengenai dinamika harga dan keamanan tingkat ketersediaan bahan pokok, terutama komoditas cabai.

Sebagaimana harga cabai di pasar-pasar Kabupaten Kediri, di antaranya cabai merah keriting rata-rata sekitar Rp49.500 per kilogram (kg). Sedangkan harga cabai rawit rata-rata sekitar Rp37.833 per kg, per Jumat (15/3/2024).

Kepala Bidang Ketersediaan Distribusi dan Kerawanan Pangan, Arbai, menjelaskan dinamika harga cabai memang masuk dalam kategori sulit untuk diprediksi dalam jangka waktu yang panjang.

Hal itu mengingat beberapa waktu lalu harga cabai mengalami peningkatan signifikan yang mana disebabkan salah satunya faktor cuaca ekstrem. Cuaca yang tak menentu berpengaruh pada jumlah produktivitas panenan dari petani. Sehingga jumlah ketersediaan cabai menjadi terbatas.

"Kalau masalah harga sangat situasional sekali, selisihnya bisa tinggi. Tapi di harga saat ini tergolong stabil. Dari segi petani dapat untung, dari segi pengusaha yang berbahan baku cabai juga masih terjangkau," kata Arbai, Sabtu (16/3/2024).

Menurut Arbai, stabilisasi harga cabai tersebut lantaran dipengaruhi oleh ketersediaan stok cabai dalam kategori melimpah di Kabupaten Kediri. Hal itu menyusul pada Maret-April mendatang telah memasuki masa panen komoditas cabai.

Diketahui, ketersediaan pasokan cabai merah keriting mencapai sekitar 652 ton, sedangkan kebutuhan Kabupaten Kediri berkisar 334,2 ton. Di sisi lain, stok cabai rawit sebanyak 5.353 ton, sementara kebutuhan kurang lebih 281,8 ton, khusus sepanjang bulan Maret 2024.

Lihat juga video 'Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Tradisional Kota Pasuruan Meroket':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO