Catat! Hari ini KPU Pamekasan Buka Rekrutmen PPK untuk Pilkada 2024, Ini Prosesnya

Catat! Hari ini KPU Pamekasan Buka Rekrutmen PPK untuk Pilkada 2024, Ini Prosesnya Fathor Rachman, Komisioner KPU Pamekasan Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan per hari Selasa (23/4/2024) ini membuka rekrutmen pembentukan badan ad hoc calon panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk pelaksanaan pilkada serentak 2024.

"Pendaftaran PPK ini dilakukan selama 7 hari ke depan, terhitung mulai hari ini hingga 29 April 2024 mendatang. Minimal berusia 17 tahun, tidak menjadi anggota partai politik (parpol), berdomisili di wilayah kerja PPK, dan berpendidikan minilam SMA/sederajat," ujar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM , Fathor Rachman, saat menjelaskan syarat pendaftaran. 

Lebih lanjut, pendaftaran PPK untuk 13 kecamatan/kota yang ada di Pamekasan ini bisa diperpanjang lagi hingga Kamis (2/5/2024), sesuai tahapan yang telah ditetapkan oleh KPU RI.

"Baik PPK maupun panitia pemungutan suara (PPS) ada proses seleksi baru lagi. Anggota PPK dan PPS pada saat pilpres tetap bisa mendaftar, namun belum tentu lolos lagi," jelasnya. 

Ia juga mengatakan, bahwa hasil seleksi akan menentukan 10 besar peserta dengan skor tertinggi di masing-masing kecamatan. Jika jumlah kecamatan di Pamekasan ada 13, maka nanti akan ada 130 peserta yang lolos.

Selanjutnya, 5 teratas akan dilantik, sedangkan 5 sisanya sebagai cadangan.

"Kami berharap semua tahapannya bisa berjalan transparan dan lancar sesuai harapan bersama, Karena dalam rekrutmen ini menggunakan metode terbuka, maka siapa saja bisa mendaftar. Baik mantan PPK, maupun yang masih baru. Begitu juga mantan PPS maupun yang masih baru. Dan hendaknya dari sekarang, bisa mempersiapkan diri mengenai berkas persyaratan yang dibutuhkan," tuturnya.

Bagi warga yang berminatm, bisa mendaftar secara online lewat aplikasi Siakba (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc), di www.siakba.kpu.go.id. (bel/dim/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO