Jas Hujan Plastik hingga Ponco, Mana yang Lebih Tepat Dipakai untuk Mendaki?

Jas Hujan Plastik hingga Ponco, Mana yang Lebih Tepat Dipakai untuk Mendaki? Ilustrasi. Foto: M. SULTHON N/ BANGSAONLINE

BANGSAONLINE.com - Terdapat tiga model jas hujan yang banyak dijual di pasaran, mulai dari jas hujan ponco, jas hujan jaket, hingga jas hujan plastik. Mengingat musim hujan yang tidak dapat dipresiksi, khususnya saat di gunung, maka setiap kali mendaki gunung disarankan selalu membawa jas hujan walaupun di musim kemarau.

Terkait pemilihan model jas hujan, adakah yang lebih unggul dari ketiga jenis jas hujan di atas? Mari kita simak bersama agar tahu setiap keunggulan dari ketiga jas hujan tersebut.

Pada dasarnya, semua jas hujan mempunyai fungsi yang sama, yaitu untuk melindungi tubuh ketika hujan agar tetap kering ketika aktivitas di luar ruangan. Memang terdapat jas hujan yang memiliki fungsi lebih dari jas hujan yang lainnya, namun semua tergantung selera masing-masing karena fungsi jas hujan yang paling utama adalah untuk melindungi tubuh dari hujan.

Ponco

Sebagian orang menyebut jas hujan ponco dengan sebutan jas hujan kelelawar. Ini dikarenakan bentuk ponco yang mirip dengan kelelawar. Keunggulan dari jas hujan ini yaitu cara pengaplikasiannya cukup mudah.

Selain itu, jas hujan ponco mampu menutupi hingga bagian tas carrier kalian agar tidak basah selama hujan. Walaupun demikian, tetap berikan packing yang lebih untuk tas carrier kalian karena bagian kanan kirinya masih bisa terciprat air hujan.

Selain untuk berlindung dari hujan, jas hujan ponco bisa kita gunakan sebagai bivak (tempat bermalam sementara).

Cara penggunaannya kalian cukup mengikat setiap sudut ponco dengan tali untuk fondasi di bagian ujungnya. Sementara untuk bagian tengah, kalian bisa gunakan tracking pole atau kayu untuk menyanggah agar ponco berdiri selayaknya tenda.

Jaket

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO