Masuki Masa Politik, Pemkot Kediri Peringatkan Camat dan Lurah untuk Netral

Masuki Masa Politik, Pemkot Kediri Peringatkan Camat dan Lurah untuk Netral Rapat koordinasi yang digelar Kesbangpol Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemilihan umum kepala daerah provinsi Jawa Timur dan Kota Kediri akan segera digelar. Memasuki masa tersebut, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) mewanti-wanti para Camat dan Lurah untuk menjaga netralitas.

Pernyataan itu disampaikan oleh Plt Kepala Bakesbangpol Kota Kediri, Tanto Widjohari, saat menggelar rapat koordinasi, Rabu (19/6/2024). Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk menghadirkan pemilu yang kondusif dan adil.

"Masa politik pemilihan kepala daerah ini merupakan masa yang sangat rawan. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus menciptakan suasana pemilu yang kondusif dan aman. Terlebih sebagai ASN, netralitas harus dijaga sebaik-baiknya," ujarnya.

Melalui kegiatan ini, lanjut Tanto, diharapkan para Camat dan Lurah dapat menjadi tauladan bagi yang lain. Mengingat, Camat dan Lurah merupakan garda terdepan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Kediri, Mandung Sulaksono, mengungkapkan bahwa ASN di Kota Kediri tercatat tidak ada pelanggaran sama sekali selama pelaksanaan pilpres kemarin.

“Zero pelanggaran alias tidak ada pelanggaran, saya rasa para ASN di Kota Kediri termasuk para Lurah dan Camat ini sudah memahami peraturan tersebut dengan baik dan semoga netralitas tersebut tetap terjaga pada pilwali dan pilgub mendatang,” paparnya saat didaulat menjadi narasumber pada rapat koordinasi.

Mandung juga mengingatkan supaya Lurah dan Camat mengikuti setiap tahapan pemilu sesuai dengan pedoman dan aturan yang ada. Sebab menurutnya Camat dan Lurah merupakan posisi yang strategis dan berpengaruh.

“Selama tahun politik ini pengawasan ketat dilakukan, terutama rekan-rekan Camat dan Lurah ini yang akan banyak mendapat sorotan mengingat posisinya yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia juga meminta supaya Camat dan Lurah selalu menjalin komunikasi dengan masyarakat guna meminimalisir konflik dan menjaga kondusifitas utamanya di tahun politik ini. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO