Usia Nabi Nuh 1.000 Tahun, Tapi "Gagal" Dakwahi Umatnya, Ini Perbedaan-Persamaan dengan Nabi Luth

Usia Nabi Nuh 1.000 Tahun, Tapi "Gagal" Dakwahi Umatnya, Ini Perbedaan-Persamaan dengan Nabi Luth Dr. KH. Ahmad Musta'in Syafi'ie. Foto: NU Online.

Oleh: Dr. KH. Ahmad Musta'in Syafi'ie

Rubrik ini diasuh oleh pakar tafsir Dr. KH. A. Musta'in Syafi'i, Mudir Madrasatul Qur'an Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur. Kiai Musta'in selain dikenal sebagai mufassir mumpuni juga Ulama Hafidz (hafal al-Quran 30 juz). Kiai yang selalu berpenampilan santai ini juga Ketua Dewan Masyayikh Pesantren Tebuireng.

Tafsir ini ditulis secara khusus untuk pembaca HARIAN BANGSA, surat kabar yang berkantor pusat di Jl Cipta Menanggal I nomor 35 Surabaya. Tafsir ini terbit tiap hari, kecuali Ahad. Kali ini Kiai Musta’in menafsiri Surat Al-Anbiya': 76-77. Selamat mengaji serial tafsir Al-Quran yang banyak diminati pembaca di seluruh Indonesia bahkan warga Indonesia yang tinggal di luar negeri:

NABI NUH A.S. DAN BANJIR INTERNASIONAL

AL-AHZAB :76-77

TAFSIR

Sebelumnya dikisahkan tentang Alaihis Salam (A.S.) yang hidup di tengah-tengah masyarakat Sodum, kaum brutal yang hobi bersetubuh dengan sesama laki-laki. Mereka telah diingatkan oleh A.S agar segera menghentikan moral biadabnya itu. Tapi mereka malah menghina utusan Tuhan tersebut.

Kemudian ada malaikat datang hendak membinasakan mereka dengan memberitahukan terlebih dahulu. Selanjutnya, Tuhan menyuruh Luth dan keluarganya agar segera meninggalkan rumah dan pergi menjauh. Dan benar, azab datang dengan sangat mengerikan. Kini giliran kisah A.S. yang senada dengan itu.

Nuh A.S. dikaruniai umur sangat panjang, seputar seribu tahun. Tapi “gagal” menggiring umatnya memeluk agama yang didakwahkannya, gagal beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Hanya beberapa gelintir orang yang mau bergabung, yaitu keluarga sendiri dan beberapa teman dekat.

Ada persamaan dan perbedaan antara gaya A.S. dan nabi Nuh A.S. pada penuturan ayat ini. Persamaannya, baik A.S. dan A.S. sama-sama jengkel terhadap ulah kaumnya. Yang satu hobi sodomi dan ndableg banget, itulah kaum nabi Luth A.S. dan satunya hobi menghina serta mentertawakan. Itulah kaum nabi Nuh A.S.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO