Dies Natalis ke-65, Rektor UPN Jatim Prof Akhmad Fauzi: UPN Masuk Universitas Ternama Dunia

Dies Natalis ke-65, Rektor UPN Jatim Prof Akhmad Fauzi: UPN Masuk Universitas Ternama Dunia Suasana Dies Natalis ke-65 UPN dengan tema “Rapat Terbuka Senat Dies Natalis Ke-65”, di Gedung Serbaguna kampus UPN Surabaya, Jumat (5/7/2024). Foto: M. Sulthon Neagara/bangsaonline

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur menggelar acara Dies Natalis ke-65 untuk merayakan usianya yang ke 65 tahun. Dengan tema “Rapat Terbuka Senat Dies Natalis Ke-65”, acara tersebut digelar di Gedung Serbaguna kampus UPN Surabaya, Jumat (5/7/2024).

Dalam acara yang cukup meriah itu , , S.P., M.Si. menyampaikan orasi ilmiah. Dalam orasinya, Arif mengucapkan selamat kepada UPN yang telah memasuki usia yang ke 65 tahun.

BACA JUGA:

Arif juga sempat menjelaskan terkait isu krisis iklim. Menurut dia, krisis iklim menjadi hal yang tak bisa diabaikan begitu saja. “193 juta manusia di 53 negara terkena krisis pangan pasca perubahan iklim, ini penting untuk dicermati,” katanya.

Bahkan Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar dunia juga akan terkena dampaknya jika tidak ditangani secara serius. Ia menjelaskan bahwa suhu yang kian meningkat dapat berpengaruh terhadap kualitas kopi khusunya di Indonesia. 

Tidak hanya kopi namun juga berdampak di pertanian Indonesia. Dari simulasi yang ia lakukan, jika peningkatan suhu terus berlanjut, maka kopi akan berakhir pada tahun 2080, “Mahasiswa sekarang bisa menikmati kopi, tapi mahasiswa di 2080 menikamtinya dengan melihat di musium,” tegasnya.

, M.MT, IPU, Rektor UPN Jawa Timur, dalam sambutannya menyebut pada bulan Juni 2024 lalu, UPN Jatim masuk peringkat 1001-1500 dari 1963 universitas ternama di dunia versi Times Higher Education (THE) Impact Ranking 2024.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO