Ratusan Pemuda Deklarasi Dukung Asluchul Alif Maju Pilkada Gresik 2024

Ratusan Pemuda Deklarasi Dukung Asluchul Alif Maju Pilkada Gresik 2024 Bacabup Gresik Asluchul Alif saat menjadi pemateri dalam pelatihan sablon digital dan kelas industri kreatif usai mendapatkan dukungan dari ratusan pemuda. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ratusan pemuda yang tergabung dalam Relawan Muda Dokter Alif deklarasi mendukung bakal calon bupati (bacabup) maju pada 2024, di Hotel Khas Gresik, Sabtu (6/7/2024).

Kegiatan itu juga diisi dengan launching Program Gresik Berbenah, yang salah satu agendanya adalah pelatihan sablon digital dan kelas industri kreatif.

Baca Juga: Wakil Ketua DPD Golkar Gresik: ASN Boleh Hadiri Kampanye Paslon, Tapi ...

Ratusan pemuda dari sejumlah kecamatan selain mendapatkan ilmu tentang usaha, juga diajari usaha sablon digital.

Koordinator Relawan Muda Dokter Alif, Achmad Yoga Prasetya, menyampaikan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kabupaten Gresik mencapai 6,8 persen.

"Ini sungguh ironis. Gresik kota industri, tapi angka pengangguran tinggi. Hari ini merupakan langkah awal kami untuk Gresik berbenah dengan mendukung Mas Alif sebagai pemimpin Gresik," ucap Yoga.

Baca Juga: Awal Kampanye di Gresik, Cabup di Malaysia, Cawabup Umroh, Tim Yani-Alif Terus Bergerak

Menurutnya, peran pemuda sangat strategis dalam menentukan kemajuan suatu daerah. Salah satunya dalam membangkitkan perekonomian.

"Kami ajarkan teman-teman sablon agar bisa jadi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) baru di Gresik," pungkasnya.

Sementara itu, Alif mengaku senang mendapat dukungan dari kalangan anak muda. Hal ini sejalan dengan hasil survei, yang mengungkapkan mayoritas pemilihnya berasal dari usia di bawah 30 tahun.

Baca Juga: Tren Paslon Tunggal di Pilkada Meningkat, Pengamat Politik UPN: Tidak Sehat Bagi Demokrasi

"Dukungan kalangan pemuda ini tambahan semangat saya. Untuk itu, saya mengajak anak muda di Gresik jadi pemain, bukan jadi penonton," kata Alif yang juga Ketua DPC ini.

Alif pun mengungkapkan cara mengatasi pengangguran di Kabupaten Gresik. Antara lain bisa dilakukan dengan menjadi pengusaha atau karyawan. 

Ia menekankan prinsip lebih baik menjadi kepala semut, daripada menjadi ekor naga.

Baca Juga: Di Deklarasi Kampanye Damai, Alif Minta Maaf

"Sebelum menjadi Dirut RS Fathma Medika, saya pernah kerja di rumah sakit di Kabupaten Nganjuk. Meski tidak digaj, saya tetap jalani. Karena saya mencari pengalaman dan ilmu mengelola rumah sakit," kenang bapak tiga anak ini.

Untuk itu, jika nanti terpilih sebagai Bupati Gresik 2024, salah satu program yang akan dilakukan Alif adalah memberikan pinjaman permodalan bagi UMKM dengan bunga 0 persen.

"Bank Gresik dan koperasi bunga pinjaman sebesar 4 persen. Nanti bunga pinjaman 4 persen akan kita subsidi dengan APBD, sehingga UMKM bisa punya modal tanpa bunga," pungkas bacabup asal Desa Sembayat Kecamatan Manyar ini. (hud/van)

Baca Juga: Pilkada Gresik 2024, Puluhan Warga Deklarasi Menangkan Kotak Kosong di Bandar Grissee

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO