Pastikan Awal MPLS Lancar, Wakil Bupati Gresik Sidak ke Sejumlah Sekolah

Pastikan Awal MPLS Lancar, Wakil Bupati Gresik Sidak ke Sejumlah Sekolah Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, ketika memberikan arahan kepada siswa saat kunjungan. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati (Wabup) Gresik, Aminatun Habibah, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah SD dan SMP, Senin (15/7/2024). Sekolah yang dikunjungi antara lain, UPT SMPN 5 Gresik, UPT SDN 53 Gresik, dan UPT SMPN 9 Gresik.

Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) mata pelajaran (mapel) 2024/2025 berjalan lancar.

Wabup menyampaikan, sidak untuk memastikan tahun ajaran baru di setiap strata pendidikan berjalan dengan baik, dan penerimaan siswa di setiap sekolah sesuai dengan kuota formasi yang telah ditentukan.

"MPLS merupakan momen kebersamaan siswa-siswi baru untuk dapat saling mengenal sesama teman. Terlebih mengenal guru dan lingkungan sekolah. Sehingga diharapkan nantinya proses pembelajaran berjalan dengan baik," ucapnya.

Ia meminta kepada setiap guru bisa membuat suasana belajar yang menyenangka. Sebab dengan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan, akan menarik minat peserta didik untuk terlibat secara aktif. Sehingga, tujuan pembelajaran dapat dicapai maksimal.

"Setiap guru harus mengenali potensi diri peserta didik. Membantu peserta didik dalam beradaptasi dengan sekolah. Sehingga menumbuhkan motivasi semangat dalam belajar dan mengembangkan interaksi positif antara siswa dengan warga sekolah," tuturnya.

Wabup juga berharap pendidikan sekolah di Kota Pudak harus layak anak, di mana tidak ada bullying dan kekerasan. Sekolah juga yang ramah lingkungan termasuk lingkungan alam.

Ia pun meminta kepada guru untuk menerapkan proses belajar yang menyenangkan, terutama di jenjang transisi PAUD ke SD. Sebab, Kemendikbud juga sudah menegaskan bahwa baca tulis dan berhitung (calistung) bukanlah syarat dalam PPDB jenjang SD.

"Ini tidak boleh dipaksa untuk bisa calistung, termasuk yang baru masuk di kelas 1 SD. Setidaknya harus diberikan waktu atau toleransi," ucapnya.

Pada saat sidak di UPT SDN 53 Cerme, Wabup Gresik menyematkan tanda peserta MPLS peserta didik baru. Ia didampingi sejumlah pejabat terkait yang terlibat dalam agenda tersebut. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO