Bangun Pedestrian Rp14 Miliar, Pemkot Batu Percantik Kawasan Jalan Protokol di Pusat Kota

Bangun Pedestrian Rp14 Miliar, Pemkot Batu Percantik Kawasan Jalan Protokol di Pusat Kota Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat, saat meninjau lokasi proyek di Jalan Diponegoro.

PEMKOT BATU, BANGSAONLINE.com - Pemkot melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) kini tengah menggiatkan pembangunan pedestrian di sepanjang jalan protokol di kawasan pusat kota. 

Pembangunan ini melibatkan beberapa titik jalan protokol terkenal, seperti Jalan Diponegoro, Jalan Dewi Sartika, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Pattimura, Jalan Wr Supratman, Jalan Bromo, dan Jalan Semeru. Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat, menyebut tujuan utama dari proyek pembangunan pedestrian ini adalah untuk mempercantik penampilan Kota Batu.

"Pembuatan pedestrian ini bertujuan untuk mempercantik kota Batu dan memberikan keamanan serta kenyamanan bagi para pengguna jalan," ujarnya saat ditemui, Selasa (30/7/2024) siang.

Selain itu, DPUPR Kota Batu juga akan melakukan pembaruan pada material jalan dengan penggantian perkerasan pedestrian dari keramik/tegel coating menjadi stamp concrete (beton bermotif).

Selain penggantian material, Alfi menyatakan pihaknya juga akan melakukan perbaikan pada sistem drainase dan box culvert, lalu lebar jalan akan diperlebar dan penataan secara estetika juga diperhatikan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Lebar trotoar akan bervariasi, dengan yang terkecil mencapai 2 meter dan yang terbesar mencapai 3 meter.

"Kami memiliki target untuk menyelesaikan semua proyek fisik ini pada bulan November 2024. Pemkot Batu telah mengalokasikan dana sebesar Rp14 miliar untuk proyek ini, dengan besaran anggaran per titiknya bervariasi, mulai dari Rp2 miliar hingga Rp5 miliar," ujarnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO