Menperin RI Apresiasi 2 Rintek Petrokimia Gresik

Menperin RI Apresiasi 2 Rintek Petrokimia Gresik Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih (empat dari kanan) menerima penghargaan dari Menperin RI, Agus Gumiwang. FOTO: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - () Republik Indonesia (RI), , kembali memberikan apresiasi kepada .

Dua penghargaan () diberikan kepada atas keberhasilannya dalam menciptakan teknologi baru guna meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi beban emisi di pabrik.

Baca Juga: Di AIGIS 2024, Petrokimia Gresik Raih Apresiasi Industri Hijau dari Menperin

Secara simbolis, penghargaan diserahkan kepada Direktur Operası dan Produksi , , Selasa (1/10/2024).

Digna mengatakan penghargaan ini merupakan bukti jika inovasi sudah menjadi DNA bagi insan . Ia optimis akan terus tumbuh dan konsisten menjadi perusahaan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan dengan optimalisasi teknologi melalui inovasi.

"Kami berterima kasih kepada , Bapak Agus Gumiwang, atas apresiasi yang diberikan kepada dua Rintisan Teknologi . Inovasi yang mampu meningkatkan efisiensi pabrik dan meminimalisasi emisi ini juga menjadi salah satu komitmen mewujudkan program Pemerintah tahun 2060 nanti," ucap di Gresik, Rabu (2/10/2024).

Baca Juga: PPPI Gelar Deklarasi, Ini Pesan Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik

Penghargaan pertama diberikan atas teknologi baru bertajuk "Jet Scrubber Hightech System" yang diterapkan di pabrik ZK. Terobosan ini mampu menurunkan beban emisi gas asam klorida (HCl) dan peningkatan produksi HCl Liquid pada pabrik ZK di tahun 2023.

Penghargaan kedua diberikan lantaran sukses menciptakan "Smart X-Scrubber System 3.0". Breakthrough ini terbukti mampu menurunkan gas emisi ammonia dan peningkatan produksi mother liquor pada pabrik ZA I dan III di tahun 2024.

"Kita tahu pupuk ZA dan ZK banyak digunakan pada tanaman perkebunan. Peningkatan keandalan pabrik ini sekaligus merupakan komitmen kami dalam memajukan sektor perkebunan di tanah air, melalui ketersediaan pupuk dan kualitas yang terjamin," jelas Digna.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Dukung Kemajuan Pertanian di Timor Leste

Selain memborong dua penghargaan, penilaian inovasi untuk menjadi peringkat satu atau yang terbaik di event tahun ini. Penilaian ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang berada di posisi peringkat tiga besar.

Penghargaan merupakan bentuk konkret dukungan pemerintah kepada pelaku industri untuk meningkatkan penguasaan teknologi. Adapun peningkatan teknologi industri akan membuat industri nasional mampu bersaing di pasar dalam negeri maupun internasional.

Penghargaan sendiri merupakan agenda rutin tahunan yang telah dilaksanakan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sejak tahun 2006. sejak tahun 2022 tidak pernah absen dalam mendapatkan penghargaan ini.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Dukung Program Closed Loop Kemenko Perekonomian

Sementara tahun 2024 ini hanya ada 21 judul rintisan teknologi yang mendapat penghargaan, dua diantaranya dari . (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO