Kandang di Sidomulyo Lamongan Terbakar, 22 Kambing dan 1 Sapi Dilalap Api

Kandang di Sidomulyo Lamongan Terbakar, 22 Kambing dan 1 Sapi Dilalap Api Nampak penyidik tengah memeriksa sisa-sisa kebekaran kandang ternak milik Sali. foto: haris/BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com – Sedikitnya 22 ekor kambing dan 1 ekor sapi betina hangus terbakar setelah sebuah kandang ludes dilalap ap, Kamis (25/9). Kebakaran ini menimpa kandang hewan milik, Sali (60) warga Dusun Ngaglik Desa Sidomulyo Kecamatan Mantup. Api diduga berasal dari bekas pembakaran sampah dan kotoran hewan yang belum padam sehingga menyambar bahan-bahan yang mudah terbakar.

Api kali pertama diketahui oleh Mashudi (35) anak korban yang saat itu curiga mendengar bunyi gemertak dari bagian kandang yang terletak di belakang rumah. Saat dilihat, ternyata api sudah membesar. Anak korban berusaha mengeluarkan hewan ternak yang saat itu di dalam kandang ada 2 ekor sapi, dan 22 kambing milik ayahnya dan titipan tetangga korban.

Sayangnya upaya untuk menyelamatkan hewan ternak gagal, karena api dengan cepat membakar isi kandang, karena di dalam kandang terdapat tumpukan pakan ternak. Selain itu, besarnya api juga akibat tiupan angin kencang.

Warga yang datang ke lokasi berusaha membantu memadamkan api namun gagal menyelamatkan isi kandang. Bahkan mobil PMK Kabupaten Lamomgan yang datang terlambat hanya bisa lakukan pembasahan bekas-bekas yang masih mengeluarkan api.

Paur Subbag Humas Polres Lamongan, Ipda Raskan membenarkan adanya kebakaran tersebut. "Dugaan awal, api dari tumpukan sampah dan bekas pakan ternak yang masih menyala dan tidak sepenuhnya dipadamkan oleh pemilik," ungkapnya.

“Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai Rp 125 Juta,” tandasnya. (ais/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO