18 Negara Belajar Musik Angklung, Gamelan, dan Membatik

18 Negara Belajar Musik Angklung, Gamelan, dan Membatik Mahasiswa asing ini main musik angklung di SMP YPPI 3 Jl. Sutorejo Prima Utara, Selasa (26/8). Ini rangkaian mengikuti Commtech di ITS Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 18 negara mengirimkan wakilnya meliputi para dosen, staf, dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi mengikuti kegiatan Community and Technological (CommTECH) Camp Insight 2016.

Acara yang diselenggarakan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini membantu para peserta mengenali dan mendalami kekayaan Indonesia.

Ketua Panitia CommTECH Camp Insight 2016, Galura Wirautama mengatakan sesuai jadwal CommTECH akan berlangsung selama sembilan hari. Peserta yang hadir sebanyak 38 peserta dari 18 negara.

Diantaranya Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Taiwan, China, Laos, Kamboja, Pakistan, Maroko, Bulgaria, Thailand, Irak, Malaysia, Bangladesh, Filipina, Vietnam, Kamerun dan Spanyol.

CommTECH yang telah digelar enam kali ini, kata Galura, sekaligus menjadi ajang pengenalan Indonesia kepada peserta. Terbukti dengan beberapa program seperti belajar alat musik , gamelan, tari Saman, dan kegiatan membatik menjadi salah satu acara favorit di perhelatan Commtech tiap tahunnya.

Hasil dari pembelajaran tersebut rencananya juga ditampilkan pada jamuan makan malam di rumah walikota Surabaya. “Di rumah walikota akan datang juga beberapa undangan dari Prancis dan Amerika yang akan menampilkan tarian Saman,” ujar Galuh yang ditemui di kampus ITS.

Ia menjelaskan pada hari pertama para peserta akan langsung diajak menikmati city tour Surabaya. Antara lain tujuannya kunjungan ke bangunan kota bersejarah Siola, monumen Tugu Pahlawan, House of Sampoerna, dan Monumen Kapal Selam (Monkasel) Surabaya.

Sebelum mengikuti upacara pembukaan, para peserta yang disambut dengan atraksi tarian tradisional Surabaya Sparkling yang cukup memukau perhatian peserta. Tak hanya itu, peserta nantinya juga akan menampilkan performance dari masing-masing negara pada jamuan makan malam di gedung Plaza Dr Angka, Kampus ITS.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO