Dua Caleg Golkar Gegeran, Adies Lapor ke Mabes Polri

Dua Caleg Golkar Gegeran, Adies Lapor ke Mabes Polri

SURABAYA (bangsaonline) - Meski Pemilu Legislatif (pileg) 2014 sudah berakhir, namun konflik antarcaleg (gegeran,red) masih terus terjadi di beberapa daerah. Konflik bahkan melibatkan para caleg yang bernaung dalam satu partai. Seperti halnya di Partai Golkar, Caleg DPR-RI Dapil I (Surabaya–Sidoarjo) dari Partai Golkar Adies Kadir berencana melaporkan M. Ruslan Caleg DPRD Jatim Dapil III (Lumajang – Jember) yang juga berangkat dari partai yang sama ke Mabes Polri karena dianggap telah melakukan pencemaran nama baik.

Syaiful Maarif, Kuasa Hukum Adies Kadir, Selasa (6/5/2014) mengungkapkan, pihaknya menempuh jalur hukum, karena kliennya dituduh telah melakukan penggelembungan suara pemilu 20914 di dapil I. Laporan tersebut dilayangkan karena mengandung unsur pidana, yakni merusak citra Adies Kadir di Surabaya.

“Karena ada unsur pidana bisa kita laporkan ke Polda, karena wilayah Jatim atau Mabes Polri karena apa yang disampaikan Ruslan telah tersebar hingga ke Jakarta,” katanya.

Syaiful Maarif menegaskan meski tuduhan tersebut pada akhirnya ditindak lanjuti oleh KPU Jatim berdasarkan rekomendasi Bawaslu dengan menggelar rekapitulasi ulang di 6 kecamatan yang diindikasikan ada penggelembungan oleh M. Ruslan, diantara Kebraon, Siwalan Kerto, Made dan Genteng. Namun kenyataannya tidak terbukti. Sebaliknya dari hasil rekapitulasi ulang, suara Adies justru naik 3 suara, sementara suara caleg Golkar lainnya Priyo Budi Santoso justru turun. Syaiful menduga tuduhan kepada Adis Kadir ada unsur kepentingan politis.

“Tuduhan ini sarat kepentingan lain. Setelah tim kuasa hukum diskusi, ini mengandung unsur fitnah,” tegasnya. Syaiful berharap, Bawaslu melakukan verifikasi atas semua laporan dugaan kecurangan pemilu sebelum mengeluarkan rekomendasi rekapitulasi ulang.

“Panwaslu harusnya mencermati benar, tidaknya laporan itu. Karena semua terbuka dan fair. Setelah dihitung terbukiti tidak benar,” katanya.

Senada itu, Ketua Tim pemenangan relawan Adies Kadir, Lala S Darmanto, mengungkapkan, perolehan suara Adies Kadir pada pemilu 2014 yang mencapai 30.090 suara karena pihaknya telah bekerja keras dengan melakukan sosilisasi jauh-jauh hari ke masyarakat, sejak mengikuti pemilihan calon Walikota Surabaya 2009 hingga menjadi tim sukses pada Pemilihan gubernur Jatim 2013.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO