Permudah Bayar Pajak STNK, Polres Tuban Launching "Samsat Mider"

Permudah Bayar Pajak STNK, Polres Tuban Launching "Samsat Mider" Kapolres Tuban saat 'memandikan' unit motor sebagai tanda resmi dilaunchingnya layanan Samsat Mider. foto: suwandi/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kepolisian Resort (Polres) Tuban resmi melaunching "Samsat Mider". Inovasi tersebut dilakukan untuk mempermudah masyarakat Kabupaten Tuban dalam membayar pajak STNK.

Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (5/6) mengatakan, inovasi ini disebut istilah "Mider", karena kata itu berasal dari bahasa umum Tuban yang artinya sedang berkeliling. Tugas Samsat Mider tersebut nantinya akan mendatangi rumah warga yang sedang memerlukan pembayaran pajak motor.

Baca Juga: Polres Tuban Geledah Dua Rumah Warga, Dicurigai Jadi Tempat Peredaran Narkoba

"Mungkin ini program baru, belum ada di Polres yang lain," kata Fadly.

Ia menjelaskan, sementara ini armada Samsat Mider ada 2 unit. Kinerjanya, petugas akan mendatangi masyarakat yang sedang membutuhkan pembayaran pajak. Dua unit motor itu juga telah dilengkapi teknologi untuk mencetak surat STNK. Secara teknis, petugas memverifikasi data yang ada. Ketika data dicocokkan ternyata tepat, maka dinyatakan resmi membayar pajak. Selanjutnya, petugas akan memberikan bukti pembayaran secara resmi.

"Tapi pada samsat mider ini minimal (harus-red) ada 5 orang yang akan membayar pajak motornya. Dengan begitu petugas akan ke lokasi," ujarnya. (wan/rev)

Baca Juga: Kades Mlangi Tuban Diperiksa Polisi Terkait Perusakan Rumah Warga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO