Kabupaten Gresik Pecahkan 2 Rekor MURI dalam Waktu Bersamaan

Kabupaten Gresik Pecahkan 2 Rekor MURI dalam Waktu Bersamaan Wagub Syaifullah Yusuf, Bupati-Wabup Sambari-Qosim didampingi pejabat Forkopimda saat menunjukkan piagam rekor MURI. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kabupaten kembali menorehkan sejarah sebagai daerah yang dikenal dengan kota santri dan kota wali. Sabtu (18/6) malam, Kabupaten secara bersamaan memecahkan dua rekor MURI (museum rekor Indonesia) sebagai bentuk penghargaan masyarakat yang melestarikan tradisi daerah santri.

Kedua rekor Muri tersebut, pertama, jumlah pengunjung bazar Ramadan terbanyak dengan mengenakan busana sarung. Sedangkan rekor Muri kedua, penampilan massal seni Rodhat Ishari (Ikatan Seni Hadrah Indonesia) Kabupaten dengan peserta 18.600, terbilang terbanyak se-Indonesia.

Baca Juga: Kunjungi Wisata Mangrove Karangkiring Gresik, Ning Nurul Lakukan Pembinaan 10 Program Pokok PKK

Puluhan ribu peserta busana sarung dan hadrah ini dipimpin langsung oleh Bupati Sambari Halim Radianto beserta Wakil Bupati, Moh. Qosim. Perhelatan Akbar Bazar Ramadan yang berlangsung di GJS (Gelora Joko Samudro) itu juga dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul).

Turut hadir meramaikan pagelaran massal tersebut beberapa kelompok otomotif di serta masyarakat dari berbagai kecamatan di Kabupaten yang semuanya mengenakan sarung dan berkopiah.

Kegiatan ini merupakan gagasan murni Bupati , Sambari Halim Radianto yang terus berupaya melestarikan tradisi kota santri. Menurut Bupati, gagasan ini berawal dari keinginannya untuk menegaskan sebagai kota santri yang sekaligus kota industri.

Baca Juga: Plt Bupati Gresik Salurkan 335 Paket BLT DBHCHT di Ujung Pangkah dan Panceng

punya ribuan industri sarung mulai kecil sampai besar, mulai yang memakai alat tenun bukan mesin (ATBM) sampai produksi sarung yang pakai mesin," kata Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati juga ada ratusan pondok pesantren mulai dari yang kecil sampai yang besar dan terkenal. Bahkan santrinya ada yang dari beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Brunai serta beberapa negara Islam di luar Asia.

"Dari ratusan pondok tersebut tumbuhlah Seni Rodhat Ishari yang pada saat sekarang ini tidak hanya monopoli pondok pesantren. Hampir setiap kelompok masyarakat punya kelompok Rodhat Ishari ini," jelasnya.

Baca Juga: Korupsi Hibah UMKM Gresik, Direktur YLBH FT Pertanyakan Status Siska dan Joko

Sementara perwakilan dari MURI, Sri Wijayati, mengatakan bahwa rekor di ini berhasil menumbangkan rekor sebelumnya yang dicatat pada Bulan Agustus 2013 dengan jumlah peserta yang hanya 10.084.

Beberapa rekor MURI yang telah diraih Kabupaten yaitu kegiatan bedah rumah dalam waktu sehari pada tahun 2006. Kemudian, sertifikasi nasional tukang batu tahun 2008, pembangunan sekaligus 118 rumah keramik (terbanyak) dan pavingisasi sepanjang 29,5 km pada tahun 2009.

Lalu, menggambar desain tema lingkungan hidup serentak dengan jumlah 254.532 peserta tahun 2009, imunisasi peserta terbanyak tahun 2011, kampanye program KB secara marathon di 6 Provinsi, Kontes Ayam Ketawa peserta terbanyak tahun 2013, dan Menyanyi Mars UKS peserta terbanyak tahun 2013.

Baca Juga: 2.000 ASN Pemkab Gresik Ikuti Pembekalan Penilaian Kompetensi 2024

Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf sangat mengapresiasi penyelenggaraan pagelaran seni Rodhat Ishari yang diadakan di GJS ini.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan kearifan budaya lokal. Lebih-lebih, Kabupaten adalah kota penghasil sarung dan kopiah. Diharapkan Ikon Santri dan Sarung bisa menjadikan terdepan, selanjutnya bisa memotivasi produsen meningkatkan kualitas produknya," harap Gus Ipul sapaan akrabnya.

Sementara Kepala Bagian Humas Pemkab Suyono menambahkan, sarung merupakan trademark . Ketika orang mengenakan sarung dan kopiah, pasti yang diingat .

Baca Juga: Polisi Gerebek Arena Judi Sabung Ayam di Panceng

“Ada sekitar 1.100 produsen sarung di yang tersebar di 5 kecamatan yaitu, Kecamatan , Kebomas, Cerme, Benjeng dan Duduksampeyan," katanya.

Kabupaten , lanjutnya, merupakan satu-satunya sentra industri sarung alat tenun bukan mesin (ATBM) di Indonesia. Hal ini sesuai penetapan dari Menteri Perindustrian yang telah menerbitkan surat penetapan Kompetensi Inti Industri Daerah (KIID) No. 95 tahun 2015, bahwa sebagai sentra sarung tenun ATBM. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO