Kisruh Kepengurusan Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Hakim Nyatakan Pantia Tak Bersalah

Kisruh Kepengurusan Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Hakim Nyatakan Pantia Tak Bersalah Sidang putusan kepengurusan klenteng. foto: GUNAWAN/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kisruh kepengurusan Klenteng Kwan Sing Bio Tuban akhirnya mencapai babak akhir. Dalam sidang di Pengadilan Negeri Tuban, majelis hakim memutuskan bahwa tidak dilantiknya pengurus Klenteng terpilih oleh panita bukanlah pelanggaran hukum.

Dalam putusan majelis hakim yang dipimpin Donovan Akbar menyampaiakan, bahwa panitia tidak bisa disalahkan. Sebab keputusan tersebut diambil bukan karena kehendak pribadi, tapi lebih pada pertimbangan belum selesainya tahapan.

"Dalam hal ini panitia atau tergugat satu tidak termasuk perbuatan melanggar hukum," ujar Donovan kepada Bangsaonline.com, Senin (27/2).

Donovan menjelaskan, tahap yang dimaksud, adalah meminta restu dewa terkait pengurus terpilih, apakah cocok dan layak menjadi pengurus.

"Dalam AD/ART minta restu dewa tidak tercantum, tapi hasil itu buah kesepakatan panitia yang diberi wewenang merumuskan tata tertib," tambahnya.

Terkait hasil ini, kuasa hukum penggugat, Selamet Fauzi kecewa dengan hakim yang tidak mempertimbangkan beberapa bukti pendukung yang telah diajukan.

"Saya kecewa dengan sikap majelis hakim sampai bisa memutuskan demikian. Seharusnya (hakim) mempertimbangkan juga beberapa kali mediasi, bahkan pihak panitia tidak hadir," jelas Selamet.

"Kami akan tetap perjuangkan sampai pelantikan dapat dilaksanakan. Dan ini tekanan politiknya lebih besar ketimbang esensi sebenarnya," pungkas Selamet Fauzi. (gun/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO