Lumajang Banjir Lagi, 73 Rumah dan Puluhan Hektare Sawah Tergenang

Lumajang Banjir Lagi, 73 Rumah dan Puluhan Hektare Sawah Tergenang Banjir yang melanda Desa Sukorejo Kecamatan Kunir Lumajang. Ketinggiannya mencapai hingga 40 centimeter.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Genangan banjir kembali melanda Kabupaten Lumajang, tepatnya di Desa Sukorejo, Kecamatan Kunir, Selasa (04/04). Genangan banjir disebabkan hujan lebat disertai angin kencang melanda kecamatan setempat. Sedangkan genangan banjir di Dusun Wungurejo, Desa Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung akibat tanggul Sungai Bondoyudo, sudah mulai surut.

Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, genangan banjir di Kecamatan Kunir, meluber hingga masuk ke rumah warga. Sedikitnya 73 rumah dan puluhan hektare area pertanian warga tersampak. Ketinggian genangan banjir bervariasi antara 30 hingga 40 centimeter.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim Tinjau Dampak Banjir Lahar Dingin di Lumajang

Pelaksana Tugas BPBD Lumajang, Agus Budianto mengatakan, luapan banjir yang menerjang Desa Sukorejo disebabkan sungai Gogosan yang melewati desa setempat, tidak mampu menampung debit air sungai.

"Air masuk ke rumah warga, dan sangat menganggu aktivitas warga," katanya.

Selain di desa Sukorejo, genangan air juga melanda sebagian Desa Darungan Kecamatan Yosowilangun. Namun di desa ini, sebatas menggenangi jalanan desa dan lahan pertanian.

Baca Juga: Diterjang Banjir Disertai Lumpur, Jalan di Desa Ranupani Sempat Lumpuh

BPBD langsung menerjunkan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC - PB) bersama Polsek dan Koramil setempat melakukan pendataan dan pemantauan di lokasi.

Selain itu, juga menyalurkan makanan dan mendirikan posko dan dapur umum. "Kami sudah drop makanan siap saji dan sejumlah makanan untuk gizi anak-anak ke Sukorejo karena khawatir kesulitan dalam pemenuhan makanan," ungkapnya. (ron/rus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO