Tumbuhkan Nasionalisme, PKK Sidoarjo Ajak Ibu-ibu Berbusana Produk Lokal

Tumbuhkan Nasionalisme, PKK Sidoarjo Ajak Ibu-ibu Berbusana Produk Lokal BANGGA INDONESIA: Ibu-ibu PKK Sidoarjo belajar mengenakan jarik dengan beragam penampilan, di Pendopo Delta Wibawa, Rabu (10/5). foto: Kominfo Sidoarjo

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidoarjo mendorong anggotanya berbusana produk dalam negeri sebagai bentuk rasa nasionalisme. Ini terungkap kala sosialisasi Aku Cinta Indonesia (ACI) melalui Busana Khas Daerah Berbahan Produk Lokal, di Pendopo Delta Wibawa, Rabu (10/5).

Di depan sekitar 200 ibu-ibu anggota PKK, Ketua TP-PKK Sidoarjo Hj Anik Saiful Ilah mengatakan, mencintai produk dalam negeri merupakan suatu keharusan. Seperti halnya dengan berbusana produk negeri sendiri. Dengan mengenakan produk-produk negeri sendiri menggambarkan betapa besarnya rasa cinta kita kepada bangsa.

Ia mengakui, sebagian masyarakat masih suka memakai produk luar negeri. Di antaranya berdalih produk luar negeri lebih elit dan berkelas. “Tidak sedikit yang beranggapan bahwa produk yang berasal dari negara Eropa lebih berkelas dari produk negara kawasan Asia,” ujarnya.

Padahal kata Hj Anik, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Sebab banyak produk dalam negeri justru menjadi pemasok merek-merek mahal dan terkenal dari luar negeri. Katanya, saat ini banyak pengusaha Indonesia bekerjasama dengan produsen luar negeri.

“Produsen luar negeri saja mengakui kualitas barang buatan orang Indonesia, mengapa kita sendiri yang sepertinya berat untuk mengakui kelebihannya,” tandasnya.

Istri Bupati H Saiful Ilah ini pun mengimbau ibu-ibu PKK memakai busana, sepatu dan tas buatan lokal. Selain cocok dengan kepribadian, juga meningkatkan kesejahteraan pekerja yang berujung bertambahnya pendapatan negara.

Dalam sosialisasi ini, Ketua Prodi Tata Kecantikan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Dr Maspiyah Adj Soko, M Kes mengajarkan cara mengenakan jarik dengan berbagai penampilan. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO