Peringatan HUT RI ke-72: Pemkab Kibarkan Bendera Raksasa, Bupati Tantri Serahkan Pemberian Remisi

Peringatan HUT RI ke-72: Pemkab Kibarkan Bendera Raksasa, Bupati Tantri Serahkan Pemberian Remisi

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Probolinggo ditandai dengan upacara peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera merah putih di Alun-alun Kota Kraksaan, Kamis (17/8) kemarin. Tema peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI tahun 2017 ini adalah “Indonesia Kerja Bersama”.

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Probolinggo Hj P. Tantriana Sari SE. Sementara komandan upacara dipercayakan kepada Kapolsek Tegalsiwalan AKP Jamal. Sedangkan perwira upacara adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Probolinggo, Agus Mukson.

Upacara ini diikuti karyawan dan karyawati (Korpri) Pemkab Probolinggo, TNI/Polri, Satpam, Lintas, Banser, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), mahasiswa, pelajar SLTA serta Pramuka. Menariknya, upacara tahun ini juga diikuti oleh para petani, PKL dan abang becak yang ada di Kota Kraksaan.

Hadir dalam upacara ini jajaran anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si dan Forkopimda, pimpinan dan anggota DPRD, Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA. Timbul Prihanjoko dan Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj Nunung Timbul Prihanjoko, Sekretaris Daerah Soeparwiyono dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Probolinggo.

Tepat pukul 10.00 WIB, bunyi sirine terdengar memecah kesunyian sebagai tanda peringatan peristiwa bersejarah 72 tahun lalu. Selanjutnya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo H Musayyib Nahrawi membacakan Teks Proklamasi.

Sebagai acara puncak, dilakukan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dengan formasi 17, 8 dan 45 sesuai dengan tanggal, bulan dan tahun diproklamasikannya kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk tahun ini, dalam Paskibra terdapat tiga personel TNI dari Kodim 0820 Probolinggo dan dua personil dari Polres Probolinggo.

Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia ini juga dimeriahkan dengan penampilan Marching Band Gita Wibawa Praja Satpol PP Kabupaten Probolinggo.

Usai melaksanakan upacara di Alun-alun Kota Kraksaan, dilakukan pula tasyakuran di depan Guest House Kraksaan. Tasyakuran ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Tantri.

Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI tahun ini cukup meriah karena juga diselenggarakan beragam lomba. Tak hanya itu, Pemkab juga melakukan pengibaran bendera raksasa, tepatnya di depan kantor Pemkab setempat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO