Perguruan Silat di Pacitan Komitmen Tidak akan Terlibat Kegiatan Politik Praktis

Perguruan Silat di Pacitan Komitmen Tidak akan Terlibat Kegiatan Politik Praktis Bambang Trenggono, sesepuh salah satu perguruan silat di Pacitan. foto: YUNIARDI S/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dunia perguruan silat di diharapkan tetap menjaga persatuan dan soliditas lembaga seiring bergulirnya tahun politik. Pernyataan tersebut sebagaimana disampaikan Bambang Trenggono, sesepuh salah satu perguruan silat di , Minggu (19/8).

Bambang yang juga pensiunan PNS di lingkup Pemkab ini mengatakan, sejak awal semua lembaga silat di sudah berkomitmen untuk tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis. Bahkan semua lembaga silat di sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Bupati dan semua unsur Forkopimda untuk tetap menjaga kondusivitas.

"Kami sudah bersepakat untuk mengamankan semua proses pemilu yang telah dan sedang berjalan," jelasnya.

Namun begitu, bukan berarti anggota perguruan silat lantas dilarang untuk ikut dalam kegiatan politik. Entah sebagai kader, simpatisan, atau bahkan calon anggota legislatif di semua parpol peserta pemilu.

"Akan tetapi, sifatnya personal bukan atas nama kelembagaan perguruan. Itu hak politik dan hak konstitusional semua anggota. Silakan saja kalau toh ada anggota perguruan silat yang terlibat dalam kegiatan politik praktis. Sebab itu hak konstitusional, namun tidak melibatkan lembaga perguruannya," tukasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO