Cak Imin: Ketua Umum Partai Jadi Menteri Apa Saja Bisa

Cak Imin: Ketua Umum Partai Jadi Menteri Apa Saja Bisa Muhaimin Iskandar. Foto: dekandidat.com


JAKARTA(BangsaOnline)Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan, posisi menteri memang seharusnya diisi oleh kalangan profesional, baik dari partai maupun nonpartai.

"Kami memberikan masukan-masukan. Salah satu masukan kami adalah seluruh menteri harus profesional. Asalnya boleh dari partai atau nonpartai, tapi harus profesional," kata Muhaimin kepada wartawan di Bekasi, Selasa (16/9/2014), seperti dikutip Antara.

Meski demikian, Muhaimin mengakui bahwa pemilihan menteri dalam sistem pemerintahan presidensial akan bergantung kepada presiden terpilih.

PKB sebagai salah satu partai pendukung pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, disebut Muhaimin, akan mendukung pilihan-pilihan yang diambil terkait kursi menteri.

Muhaimin juga mengaku tidak menyodorkan calon menteri dari PKB, tetapi akan menunggu keputusan yang diambil nantinya.

"Ya, kalau ditunjuk, kami akan atur, gampang. Itu hanya masalah teknis," ujar Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu.

Muhaimin juga mengaku siap jika ditunjuk menjadi salah satu menteri dalam kabinet , termasuk juga siap ditunjuk menjadi menteri apa saja.

"Pokoknya kalau ketua umum partai itu jadi menteri apa saja bisa," kata Muhaimin sambil tertawa.

Sebelumnya, mengatakan, 16 kementerian dalam pemerintahannya akan diisi figur menteri profesional dari partai politik. Sebanyak 18 kementerian lain diduduki figur menteri dari kalangan profesional murni.

Kementerian yang dipimpin figur menteri profesional murni antara lain Kementerian Keuangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Kementerian Pertanian.

Sumber: kompas.com/Rmol.com

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO