Pacitan Sambut Sukacita di Hari Jadinya ke-274

Pacitan Sambut Sukacita di Hari Jadinya ke-274 Bupati Pacitan Indartato saat diarak menuju pendapa agung. foto: Yuniardi Sutondo/ bangsaonline.com

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Langit cerah mengiringi puncak prosesi hari jadi Kabupaten ke-274, Selasa (19/2). Mendung pun perlahan menepi, kala Songsong Agung Kabupaten , Indartato, diarak bersama para punggawanya menuju mimbar pendapa.

Suasana kala itu seakan menyiratkan ingatan ratusan tahun silam, kala Tumenggung Setrowijoyo, Bupati pertama, juga melakukan ritual memperingati hari lahirnya Kota 1001 Goa tersebut.

Selain Bupati Indartato, juga nampak Wabup Yudi Sumbogo bersama Ninik Setyorini, istrinya. Sementara di belakangnya berjajar pimpinan DPRD . Seperti Ronny Wahyono Ketua DPRD , bersama istri, dan Gagarin Wakil Ketua DPRD.

Begitu pun unsur Forkompinda juga turut hadir memeriahkan hari sangat bersejarah tersebut. Terlihat Kapolres AKBP Sugandi juga berkenan hadir bersama istri. Yang menarik pada agenda tersebut, hampir semua tamu undangan mengenakan pakaian beskap yang merupakan pakaian adat Jawa era kerajaan silam. Serta tak sedikit pula yang mengenakan baju batik lurik.

Sebelum sampai di mimbar agung, Bupati Indartato juga melakukan siraman cuci kaki dengan menggunakan air sumur yang diambil dari lokasi pemakaman Tumenggung Setrowijoyo di Desa Sukoharjo, Kecamatan . Tak hanya itu, ia bersama Luki Baskoro Wati Indartato juga disuguhi rujuh pace (buah mengkudu) yang melambangkan ketenteraman, kedamaian, keusuburan, gemah ripah loh jinawi.

Alam seakan ikut bersukacita menyambut hari jadinya. Hal itu nampak terlihat adanya pergerakan awan putih yang mengayomi langkah demi langkah orang nomor satu di itu beserta para pengikutnya hingga sampai di mimbar agung pendopo.

"Syukur Alhamdulillah, Hari Jadi tahun ini jatuh bertepatan dengan hari Seloso Kliwon yang oleh penanggalan Jawa diistilahkan sebagai anggoro kasih," kata Indartato saat memberikan sambutan pada prosesi Hari Jadi ke-274 itu.

Yang paling utama, dirinya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mengucapkan syukur Alhamdulillah. "Hari jadi ini bisa kita peringati dengan niat hati yang tulus. Semoga di tahun-tahun mendatang akan gemah ripah loh jinawi, ayem tentrem karto raharjo," harapnya. (yun/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO