Hasil Survei Elektabilitas Bacabup Gresik The Republik Institut: Gus Yani Dibayangi Alif | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hasil Survei Elektabilitas Bacabup Gresik The Republik Institut: Gus Yani Dibayangi Alif

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Senin, 01 Juli 2024 18:22 WIB

Peneliti Utama The Republik Institut, Sufyanto, ketika menunjukkan hasil survei untuk Pilkada 2024 di Gresik. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - The Republik Institut merilis hasil survei elektabilitas 3 bakal calon bupati (bacabup) yang running pada 2024. Mereka adalah , , dan M Syahrul Munir.

Survei dilakukan pada 1-10 Juni 2024 dengan 800 responden. Hasilnya, elektabilitas masih memimpin di angka 39,2 persen, dibayangi yang berada di angka 31,9 persen.

Sedangkan Syahrul hanya memperoleh 8,7 persen. Sementara yang masih belum memilih atau tidak tahu di kisaran 20,2 persen.

"Hasil survei itu dengan margin error 3,46%," kata Peneliti Utama The Republik Institut, Sufyanto, melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Senin (1/7/2024).

Sufyanto menjelaskan bahwa hasil survei itu menunjukkan bahwa ketiga bacabup memiliki elektabilitas bagus.

Namun, ia menyoroti tren elektabilitas Gus Yani yang merosot dibanding kompetitornya, Alif dan Syahrul, yang justru naik signifikan.

"Jika dibanding dengan survei pertama pada periode Desember 2023 hingga Januari 2024, elektabilitas Gus Yani saat itu masih sangat tinggi, yakni di angka 53,7 persen. Sementara, dr. Alif saat itu elektabilitas hanya angka 8,1 persen. Sehingga, kenaikan elektabilitas Alif terbilang sangat cepat," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video