​Ratusan Ribu DPS Pilkada Bondowoso Diduga Invalid | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Ratusan Ribu DPS Pilkada Bondowoso Diduga Invalid

Editor: Rizki Daniarto
Wartawan: Sugiyanto
Kamis, 05 April 2018 14:43 WIB

Masyarakat harus mencermati DPS agar bisa dipertanggungjawabkan. foto: Ilustrasi

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Ada dugaan data pemilih invalid untuk Pilkada Kabupaten Bondowoso 2018. Hal tersebut terungkap setelah salah satu tim paslon calon bupati dan wakil bupati Salwa-Irwan (Sabar) memberikan data pemilih yang sudah dicoklit oleh KPU Bondowoso.

Sekretaris DPC PPP Bondowoso Syaiful Bahri mengungkapkan bahwa pihaknya telah menemukan data sebanyak 510.909 pemilih yang diduga invalid, dan 10.375 data pemilih ganda.

"Temuan ini setelah tim IT kami mengkroscek seluruh daftar pemilih yang akan digunakan untuk pilkada ini. Dan data tersebut bisa saya pertanggungjawabkan secara hukum," ujar Gus Syef panggilan akrabnya Syaiful Bahri, Kamis (5/4).

Gus Sef menjelaskan, data yang invalid itu seperti nama kurang dari 4 digit, KK di luar kabupaten Bondowoso sebayak 2.993, KK tidak bisa terbaca sebagai format tanggal sebanyak 229.760, KK terbit sebelum tahun 2005 sebanyak 71.723, tanggal KK terbit setelah penetapan DPS sebanyak 194.880, NIK tidak sesuai dengan jenis kelamin, dan masih banyak yang lainnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video