​Indonesia Masuk Lima Besar Produsen Kopi Dunia, Ketua DPD RI Berharap Nasib Petaninya Dipikirkan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Indonesia Masuk Lima Besar Produsen Kopi Dunia, Ketua DPD RI Berharap Nasib Petaninya Dipikirkan

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nanang Fachrurozi
Senin, 22 Februari 2021 19:40 WIB

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti saat diwawancarai para awak media ketika melakukan reses di Kabupaten Jember, Jawa Timur. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, bersama Brazil, Vietnam, Kolombia, dan Ethiopia. Buat Ketua AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, fakta ini sangat membanggakan. Dia pun berharap nasib petani kopi diperhatikan dengan serius.

LaNyalla mengatakan bahwa keberhasilan Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, didukung dengan sumber daya alam yang melimpah. "Potensi alam kita sangat berlimpah. Hal ini memerlukan penanganan yang serius agar kita mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya, Senin (22/2/2021).

Ditambahkannya, kontur tanah serta iklim yang ada di Indonesia sangat menunjang hal tersebut. Total produksi kopi di Indonesia, termasuk robusta dan arabika, adalah 660 ribu ton pada 2019-2020.

"Indonesia kaya dengan kopi. Kita pun termasuk lima besar penghasil kopi terbesar di dunia dengan kualitas kopi yang tinggi, dengan jenis kopi robusta dan arabika," terangnya.

Senator asal Jawa Timur itu menambahkan, Indonesia memiliki sekitar 1,2 juta hektare tanaman kopi yang sebagian besar dihasilkan oleh pertanian kecil dan mandiri. "Masing-masing petani kopi diperkirakan memiliki satu hingga dua hektare lahan kopi. Salah satunya adalah Garut yang cukup besar menghasilkan kopi dan telah ekspor. Untuk itu dukungan harus diberikan agar produksi bisa terus ditingkatkan," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video