Kehadiran RR Memantik Diskursus Pilpres 2024 Lebih Menarik dan Terbuka

Kehadiran RR Memantik Diskursus Pilpres 2024 Lebih Menarik dan Terbuka Dr. Rizal Ramli, Tokoh Nasional. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tahun politik semakin dekat, sejumlah politikus pun mulai running untuk menyongsong Pilpres 2024. Sejauh ini, kandidat capres masih didominasi dari kubu koalisi pemerintah. Namun, ada pula sosok Rizal Ramli (RR) yang merupakan representasi kubu oposisi.

Peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC), Dr. Surokim Abdus Salam menilai kehadiran tokoh nasional yang akrab disapa RR itu bermakna positif agar pencalonan menjadi hal biasa dan tidak menjadi hal tak tersentuh dalam diskusi di parpol. Selain juga bisa memantik diskusi positif untuk bisa membuka kotak-kotak pandora dalam pencalonan Presiden RI.

"Kehadiran RR dalam bursa suksesi nasional memantik diskursus pilpres lebih menarik dan terbuka," tutur Surokim, Ahad (16/1/2022).

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura itu mengungkapkan, peluang RR sama dengan kandidat oposisi yang lain. Ia berharap, Menko Perekonomian di era Presiden Gus Dur ini bisa menciptakan momentum-momentum yang lebih tepat, menarik, dan juga narasi perubahan yang lebih progresif.

Surokim melanjutkan, ikhtiar calon oposisi seperti jalan terjal karena bergantung pada momentum yang ada di pemerintahan Jokowi juga saat ini. Sebab, kian tinggi tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi, maka jalan kian terjal bagi calon-calon oposisi, termasuk Rizal Ramli.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Sejumlah Pemuda di Pasuruan Dukung Muhaimin Maju Calon Presiden 2024':