Kontraktor Rekanan Ditahan, Menyusul Mantan Kepala DTPHP Lamongan yang Dijebloskan ke Lapas Duluan

Kontraktor Rekanan Ditahan, Menyusul Mantan Kepala DTPHP Lamongan yang Dijebloskan ke Lapas Duluan Kasi Intelijen Condro Maharani dan Kasi Pidsus Anton Wahyudi saat memberikan keterangan pers.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Mohammad Zaenuri, seorang rekanan ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan. Hal ini menyusul setelah mantan Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Rujito lebih dulu dijebloskan ke Lapas Kelas IIB dalam kasus dugaan korupsi yang menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 564 juta.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Condro Maharanto mengatakan, sama seperti Rujito, dalam agenda yang dilakukan kepada Zaenuri kali ini, Kejari menerima limpahan berkas tahap dua kasus dugaan korupsi pengurukan tanah gedung Dinas Pertanian dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur.

"Hari ini kami melakukan penyerahan tersangka dan barang bukti tahap dua dari Kejati Jawa Timur. Mohammad Zaenuri, tersangka dalam tindakan korupsi di Dinas TPHP, (melakukan) bersama-sama dengan tersangka sebelumnya, Rujito," ujar Condro kepada sejumlah wartawan, Rabu (26/1).

Menurut Condro, kasus itu seperti sebelumnya Rujito, pasca resmi ditetapkan sebagai tersangka, Zaenuri juga langsung dibawa oleh petugas Kejari menuju Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB untuk dilakukan penahanan.

"Sementara kami akan lakukan penahanan selama 20 hari ke depan, untuk menghindari penghilangan barang bukti dan melarikan diri. Selain itu, kami juga mempersiapkan tuntutan sebagai bahan persidangan," kata Condro.

Kasi Pidsus Kejari Anton Wahyudi juga menjelaskan bahwa kasus dugaan korupsi itu terjadi dalam proyek pengurukan tanah gedung Dinas Pertanian pada 2017, yang saat ini berubah menjadi DTPHP. Dengan Zaenuri merupakan yang mengerjakan proyek pengurukan, berdasarkan hasil pemenang tender melalui Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE).

Di mana dalam penyidikan yang dilakukan oleh jajaran Polda dan Kejati Jawa Timur, kemudian ditemukan kerugian negara mencapai Rp 564 juta dalam proyek pengurukan tersebut.

Hanya saja, Anton belum berani memastikan apakah nantinya bakal ada tambahan tersangka lain dalam kasus dugaan korupsi ini. Anton menyebut, pihaknya menunggu perkembangan kasus yang terjadi.

"Apakah bakal ada tambahan tersangka lain, kita tunggu fakta-fakta di persidangan. Atau mungkin, bila ada temuan baru lagi dari Polda dan Kejati Jawa Timur, kita tidak tahu lagi," ucap Anton.

Ditambahkan Anton, kedua tersangka Rujito (yang lebih dulu ditahan) dan Zainuri disangka dengan Pasal 2 atau Pasal 3 juncto Pasal 55 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), dengan ancaman empat tahun penjara. (qom/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO