Permudah Layanan Publik, Gubernur Jatim Harapkan MPP Dibangun di Seluruh Daerah

Permudah Layanan Publik, Gubernur Jatim Harapkan MPP Dibangun di Seluruh Daerah Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat meninjau MPP setelah diresmikan. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur (), Khofifah Indar Parawansa, meminta agar seluruh kabupaten/kota di wilayahnya memiliki (MPP). Ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam hal mengakses layanan pemerintah.

"Keberadaan MPP ini sebagai bagian dari inovasi dan kreativitas daerah dalam memudahkan perizinan sesuai regulasi, serta kondusivitas wilayahnya yang selalu terjaga," ujarnya saat meresmikan , Kamis (10/2).

Ia menuturkan, keberadaan MPP dapat menjadi jawaban atas tuntutan masyarakat yang menginginkan kemudahan, kecepatan, dan transparansi dalam proses perizinan serta sejumlah layanan lainnya.

"Saya harap daerah lain bisa segera mencontoh atau meniru keberadaan MPP ini. Pakai skema amati, tiru, modifikasi layanan. Yang penting tujuannya memberi kemudahan layanan masyarakat," kata Khofifah.

"Kasihan masyarakat kalau harus muter-muter untuk ngurus dokumen atau perizinan, belum lagi waktu dan ongkos transportnya. Kalau ada dalam satu gedung seperti ini kan tentu masyarakat akan sangat diuntungkan," tuturnya menambahkan.

Khofifah menyebut, ini merupakan MPP ke-51 di Indonesia dan MPP ke- 10 di yang memiliki luas sekitar 4 hektare. Total, terdapat 55 layanan organisasi pemerintah daerah dan 64 organisasi vertikal lainnya dari 25 instansi di .

Dengan demikian, masyarakat akan dengan mudah mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan dengan mengandalkan teknologi diantaranya KTP, Akta Lahir, KIA, maupun layanan dokumen kependudukan lainnya.  juga menyediakan layanan perizinan, layanan pembayaran pengurusan pajak, pendaftaran BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan, perbankan, dan Kementerian Agama. 

Bahkan, terdapat salah satu fasilitas yang disediakan bagi masyarakat yang hendak menikah, ruangan dengan dekorasi yang unik dan menarik. Peresmian MPP Tuban ditandai dengan penekanan tombol pada Layar LED yang dilakukan Gubernur Khofifah dan didampingi oleh Deputi Pelayan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa, dan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky.

Lihat juga video 'Murah Meriah, Wisata Lembah Djati Tawarkan Kebun Bunga dan Spot Foto Instagramable':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO