Hari Peduli Sampah Nasional, Wali Kota Pasuruan Gelar Bersih-Bersih Bersama Seluruh Perangkat Daerah

Hari Peduli Sampah Nasional, Wali Kota Pasuruan Gelar Bersih-Bersih Bersama Seluruh Perangkat Daerah Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf, saat kegiatan bersih-bersih di pasar besar.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali , , memipin agenda resik-resik bareng di Pasar Besar , Jalan Soekarno Hatta, Minggu (20/2). Agenda tersebut masih dalam rangka memperingati HUT ke-336 dan Hari Peduli Sampah Nasional.

, sapaan akrab Wali , menuturkan bahwa acara ini dilakukan agar para pedagang dan pengunjung membiasakan diri untuk menjaga kebersihan.

Acara itu diikuti perangkat daerah mulai dari satpol PP, BKD, DLHKP, DPUPR, jajaran kecamatan, kelurahan, hingga RT dan RW. Selain Pasar Besar, bersih-bersih itu juga menyasar kawasan stasiun demi menciptakan kawasan yang bersih di .

Jedinge resik, omae resik, lingkungan resik, dan pasare resik itu target yang kita inginkan. Atas kesadaran warga bersama pemerintah kota, agar kita bersama-sama punya tekad, kebiasaan dan semangat untuk membuat lingkungan kita resik, dan ini kita mulai dari toiletnya dulu resik," kata .

Ia juga meminta kepada para pedagang pasar besar, pengunjung, dan masyarakat di untuk membiasakan diri membuang sampah di tempat yang telah disediakan. Dengan menjaga kelestarian lingkungan, masyakarat ikut serta terciptanya lingkungan sehat dan bisa meringankan beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Untuk pasar besar ini sudah ada detail engineering design-nya (DED) kalau tidak salah, setidaknya ada proposalnya. Pada saat itu kebutuhan total untuk merehab pasar besar Rp125 miliar, namun berhenti dikarenakan anggaran tidak ada. Pembangunan Pasar Besar bisa dilaksanakan secara bertahap," paparnya.

Agar segera terwujud, meminta kepada dinas terkait dan pedagang untuk berdialog. Menurutnya, jika pasar bersih serta nyaman, maka akan lebih banyak lagi pembeli yang akan datang.

Di waktu bersamaan, Wakil Wali , Adi Wibowo, juga ikut memimpin resik-resik di area terminal wisata dan Pelabuhan . (ard/par/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO