Stok Darah Menipis, PWI Tuban Ajak Stakeholder untuk Donor

Stok Darah Menipis, PWI Tuban Ajak Stakeholder untuk Donor Suasana donor darah yang dilakukan PWI Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Stok ketersediaan darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tuban kian menipis, tinggal 85 kantong berdasarkan catatan dari Unit Transfusi Darah (UTD) . Menanggapinya, bersama stakeholder terkait melaksanakan donor darah

"Kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022, dan menjadi agenda rutin saban tahun," kata Ketua PWI Kabupaten Tuban, Suwandi, Kamis (24/2).

melibatkan jajaran Polres Tuban, Kodim 0811/Tuban serta Lapas Kelas II B Tuban. Terdapat 70 kantong darah yang terkumpul usai acara di kantor UTD

"Jadi target kami 50 kantong darah, namun sampai kegiatan selesai ada 70 kantong darah yang terkumpul," tuturnya.

Ia memaparkan bahwa serangkaian kegiatan HPN telah dijalankan , salah satunya santunan kepada anak yatim dan donor darah yang dilakukan hari ini. Sedangkan untuk kegiatan yang bakal dilakukan yakni penyuluhan stunting, pengobatan gratis, workshop sekaligus pelantikan pengurus sebagai puncak kegiatan .

"Dengan kegiatan ini dapat menambah ketersediaan stok darah yang ada di UTD . Sebab, stok darah saat ini di UTD PMI mulai menipis lantaran banyaknya permintaan darah untuk pasien Demam Berdarah (DBD)," paparnya.

Sementara itu, Humas UTD , Sarju Efendi, berterima kasih kepada yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah dalam rangka memperingati HPN. Ia berujar, stok darah di kini hanya ada 85 kantong untuk stok sel darah merah dan stok sel darah plasma masih cukup banyak.

"Stok darah saat ini sedang menipis, sehingga dengan adanya kegiatan ini bisa mengamankan cadangan stok untuk minggu ini. Semoga kegiatan donor darah ini bisa berjalan rutin, mungkin bisa tiga bulan atau empat bulan sekali, hal itu agar bisa mengamankan stok darah yang ada di ," kata Sarju. (gun/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO