Bupati Muhdlor Tegaskan Komitmen Pengembangan Seni dan Budaya

Bupati Muhdlor Tegaskan Komitmen Pengembangan Seni dan Budaya Bupati Muhdlor saat membuka pameran keris dan benda pusaka di Kantor Disporapar Sidoarjo, Rabu (2/3) sore. foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - menegaskan komitmennya untuk membuka ruang lebar bagi pengembangan seni dan budaya di Kota Delta.

Ia juga berjanji akan membangun ekosistem yang lebih luas lagi bagi pelaku seni dan budaya dengan membuka market lebih besar melalui pameran atau ekspos.

Hal itu diungkapkan Bupati Muhdlor saat membuka dan benda pusaka yang digelar di Kantor Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo, Rabu (2/3) sore.

Kegiatan dalam rangka Hari Jadi Sidoarjo ke-163 itu dibuka dengan . Produk budaya asli Sidoarjo itu sudah tercatat di hak kekayaan intelektual (HKI) oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Pameran benda pusaka atau tosan aji yang digelar Pemkab Sidoarjo itu diikuti tidak kurang dari 30 kolektor. Mereka berasal dari Sidoarjo dan luar daerah.

Pusaka yang dipamerkan mulai dari keris peninggalan era Kerajaan Singosari, Majapahit, Mataram, hingga era Pakubuwono ke VIII. Selain itu, ada juga keris buatan mpu era 1900-an yang ikut dipamerkan. Rata-rata benda pusaka yang dipamerkan dibuat pada abad 17 era Sultan Agung Raja Kesultanan Mataram.

Ribuan benda pusaka yang dipamerkan itu sebagian besar bisa dibeli atau dimahar oleh pengunjung. Ada juga yang tujuannya hanya untuk dipamerkan saja, tidak dijual. Untuk harga bervariatif, mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO