Presiden Ukraina Diduga Lari ke Polandia, AS Tawari Evakuasi, Jerman Khawatir Keselamatan Zelensky

Presiden Ukraina Diduga Lari ke Polandia, AS Tawari Evakuasi, Jerman Khawatir Keselamatan Zelensky Isu spekulatif muncul dari kelompok oposisi. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky diisukan lari Polandia. Tampak Zelensky mengikuti wawancara Reuters di Kiev, Ukraina, 1 Maret 2022. Foto/REUTERS/Sindonews.com

KIEV, BANGSAONLINE.com – Ternyata di dalam negeri Ukraina kelompok oposisi mulai membangun opini. Anggota parlemen oposisi Ukraina Ilya Kiva mengklaim Presiden Volodymyr Zelensky "bergegas" melarikan diri ke Polandia dan bersembunyi di Kedutaan Besar (Kedubes) () di sana.

Padahal Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebelumnya mengatakan dia tidak meninggalkan ibu kota negara itu, Kiev, saat operasi militer Rusia berlangsung di Ukraina untuk "demiliterisasi dan de-Nazifikasi".

"Di sinilah dia akan terus memanfaatkan Tentara Ukraina dan warga sipil sambil membuat perintah gila yang menelan ribuan nyawa manusia," ujar Kiva dalam pesan video di saluran Telegram.

(Rusia invasi ke Ukraina sejak 24 Februari, tapi belum berhasil merebut Kiev, ibu kota tersebut.(Foto: AFP/Vyacheslav Oseledko/CNN Indonesia)

Sebelumnya, Ketua Duma Negara Rusia Vyacheslav Volodin juga menegaskan Zelensky melarikan diri dari Ukraina dan menuju ke Polandia.

"Zelensky meninggalkan Ukraina. Deputi Rada Verkhovna mengatakan bahwa mereka tidak dapat menemuinya di Lvov," tulis dia di saluran Telegram. "Dia sekarang di Polandia".

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO