IKA PMII Jatim Kuat dan Mandiri secara Organisasi

IKA PMII Jatim Kuat dan Mandiri secara Organisasi Ketua Panitia Pelaksana Muswil II IKA PMII Jatim, Muslih Hasyim Sufy. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA ) Provinsi Jawa Timur (Jatim) sudah tergolong kuat dan mandiri secara organisasi. Hal tersebut diungkapkan Wakil Sekretaris Pimpinan Wilayah IKA Jatim (demisioner), Muslih Hasyim Sufy.

Ketua Panitia Pelaksana Muswil II IKA Jatim ini menyontohkan, dalam gelaran Muswil II IKA Jatim di Surabaya dan Bangkalan 9-10 Januari 2022, tidak ada sepeser pun bantuan dana dari pihak luar. Pendanaan 100 persen berasal dari donasi internal alumni Jawa Timur

"Alhamdulillah, Muswil II IKA Jatim pendanaannya 100 persen berasal dari alumni . Ini menandakan IKA sudah kuat dan mandiri secara organisasi," kata pria yang akrab disapa itu, usai pembubaran panitia Muswil II IKA Jatim, Rabu (16/3).

Alumni UINSA Surabaya ini mengungkapkan dalam gelaran Muswil II IKA Jatim, panitia total menerima donasi sebanyak Rp99 juta. Sementara yang terpakai sebanyak Rp82 juta. Sehingga masih tersisa dana sebanyak Rp17 juta.

menuturkan, sisa dana sebesar Rp17 juta itu dihibahkan ke kas IKA Jatim di bawah kepengurusan Ketua IKA Jatim, Thoriqul Haq. Selanjutnya, pengelolaan dana mejadi ranah pengurus IKA Jatim periode 2022-2027.

"Sebagai Ketua panitia pelaksana atau OC Muswil II IKA Jatim, saya sudah mempertanggungjawabkan semuanya. Tentunya termasuk pendanaan Muswil. Alhamdulillah, masih tersisa dana Rp17 juta. Selanjutnya, dana tersebut dihibahkan untuk kas IKA Jatim," ucap alumni Pesantren Lirboyo itu.

Ia menilai, IKA Jatim telah menerapkan transparansi dan akuntabilitas dan hal ini menjadi tren baik untuk wadah alumni Jatim. Mantan Sekretaris KNPI Jatim itu menambahkan, Muswil II IKA Jatim bisa terlaksana dengan sukses berkat peran seluruh alumni di Jawa Timur, seperti Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa; Bupati Bangkalan, Ra Latif Amin Imron; Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar; Ketua PW IKA Jatim (demisioner) KH Amin Said Husni; dan Ketua PC IKA Bangkalan yang juga anggota DPRD Jatim, Mathur Husyairi.

"Muswil II IKA Jatim sukses berkat peran seluruh alumni. Baik yang menjadi kepala daerah, akademisi, birokrat, politisi, jurnalis, pengasuh pondok pesantren, dan lainnya," pungkasnya. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO