Program Kotaku Probolinggo, Sulap Kawasan Kumuh Jadi Lingkungan Asri

  Program Kotaku Probolinggo, Sulap Kawasan Kumuh Jadi Lingkungan Asri

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) menyulap sejumlah kawasan di jadi lingkungan asri. Contohnya, kampung Nila Kelurahan Wiroborang jadi lingkungan yang sehat.

"Dulu Kampung Nila termasuk kawasan kumuh. Melalui program Kotaku sekarang jadi lingkungan asri," ujar Ketua Paguyuban Peduli Sampah (Papesa), Syaifudin Zuhri, saat mengikuti zoom meeting, Sabtu (26/3).

Kampung Nila, secara tidak langsung dapat membangkitkan kondisi perekonomian masyarakat .

"Selain itu ada ada BKM (Badan Kswadayaan Masyarakat) yang bisa memberikan dana pinjaman modal secara bergulir kepada masyarakat,' katanya.

Melihat suksesnya kampung Nila tersebut, Syaifudin Zuhri berharap keberhasilan ini bisa ditiru oleh Kelurahan lainnya di wilayah .

Salah satu staf Dinas PUPR , Edy Susanto menjelaskan, lokakarya pengelolaan sampah yang digelar secara zoom meeting ini untuk menumbuhkan inovasi masyarakat sebagai sarana pembelajaran atau Lesson Learned.

"Kita berharap ini menjadi sebuah pembelajaran bagi masyarakat agar lebih berinovasi," katanya.

Dia menambahkan, adanya lokakarya pengelolaan sampah ini bisa dipraktekkan di lapangan melalui implementasi program Kotaku. "Sehingga keberhasilan ini bisa ditiru oleh Kelurahan lainnya yang ada di ," pungkasnya. (ugi/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO