Dua Warga Sidoarjo Temukan Struktur Bata Kuno Kerajaan di Desa Karangtanjung

Dua Warga Sidoarjo Temukan Struktur Bata Kuno Kerajaan di Desa Karangtanjung

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dua pria bersaudara menemukan bata kuno yang diduga peninggalan zaman kerajaan di , Kecamatan Candi, . Penemuan itu berada pada sebuah pekarangan warung yang dikelola .

Dua pria bersaudara itu mendapati struktur bangunan kerajaan yang bersebelahan dengan makam Mbah Sari di . Krisno menceritakan, penemuan itu bermula saat mereka hendak menggali sumur di pekarangan warung pada November 2021 lalu.

Ketika menggali dengan kedalaman sekitar setengah meter, linggis mengenai benda keras. Setelah diangkat, ternyata sebuah batu bata merah dengan ukuran tidak biasa. "Kaget saat itu," kata Krisno, Rabu (6/4/2022).

Setelah diukur, batu bata ini memiliki panjang sekitar 42 cm, lebar 25 cm, dan ketebalan sekitar 15 cm. Dengan temuan itu, tidak melanjutkan penggalian dan menunggu tindak lanjut dari pihak terkait. 

Dua pria bersaudara tersebut akhirnya pindah ke lokasi sekira 10 meter dari titik penemuan bata kuno. Di sana, mereka kembali menemukan struktur bangunan kuno. 

"Yang kedua lebih dalam, ada 1 meter lebih. Akhirnya kami pakai sumur bor tidak jadi buat sumur biasa," ucap Krisno.

Awal 2022, ia beserta adiknya penasaran dengan temuan bata kuno itu dan kembali melanjutkan penggalian pada tempat ditemukannya struktur bangunan kerajaan ini. Alhasil, semakin banyak batu bata yang ditemukan.

Sekitar 2 pekan lalu,  kembali melebarkan galian. Mereka semakin terkejut karena batu bata merah itu membentuk struktur bangunan kuno, ada tumpukan bata merah membentuk tanjakan layaknya bangunan candi atau situs-situs masa lampau. Selain batu bata, mereka menemukan pecahan barang kuno, seperti kendi dan pecahan keramik. (cat/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO