Bupati Arifin Apresiasi Pengusaha Tambang di Desa Jambu

Bupati Arifin Apresiasi Pengusaha Tambang di Desa Jambu Bupati Trenggalek Nur Arifin (kanan) saat di lokasi tambang Desa Jambu. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Trenggalek Moch. mengapresiasi pengusaha tambang batuan di , Kecamatan Tugu. Arifin menilai, interaksi sosial para pengusaha tambang dengan masyarakat sekitar cukup bagus.

"Dari sisi sosial bagus," kata Bupati Arifin saat melakukan peninjauan di lokasi tambang Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jum'at (8/4/2022).

Begitu juga dari sisi lingkungan, mereka memilih tanah bebatuan dan mayoritas batuan andesit. Bahkan, pihak penambang telah membangun sendiri akses transportasi, meski kegiatan penambangan belum dilakukan.

"Dia membuka jalur tambangnya sendiri, terus kemudian di permukiman warga tadi saya lihat ada beberapa pelebaran jalan dan pengerasan jalan meskipun aktivitas tambangnya belum dimulai," terangnya.

Tidak hanya itu, penambangan batuan di lokasi tersebut telah memiliki jaminan reklamasi.

Manfaat lain, penambangan batuan tentu akan mendukung tersedianya bahan baku untuk keperluan pembangunan di Kabupaten Trenggalek.

Hal itu, menurut Arifin, sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo di mana dalam setiap pembangunan infrastruktur harus diimbangi dengan meningkatnya komponen dalam negeri.

“Kalau komponen dalam negeri bisa dihasilkan dari Trenggalek, kan ini lebih baik. Khususnya kita masih butuh banyak konstruksi nanti, baik bangunan, sumber daya air, maupun bangunan jalan dan lain sebagainya,” ujarnya.

“Tetap akan butuh bentuk-bentuk batuan seperti ini baik yang nanti pecahan besar maupun yang nanti hasil crushing yang kecil-kecil itu untuk pembetonan dan lain sebagainya,” urainya. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO