Amankan Mudik Lebaran, Polres Kediri Dirikan 6 Pospam

Amankan Mudik Lebaran, Polres Kediri Dirikan 6 Pospam Wakapolres Kediri, Kompol Hendry Ibnu Indarto, saat menyematkan pita kepada salah satu petugas. Foto: Ist

POLRES KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Polres Kediri mengadakan apel Semeru 2022, Jumat (22/4/2022). Agenda ini dilakukan untuk memberikan pelayanan dan keamanan kepada masyarakat yang hendak mudik lebaran.

Apel operasi Ketupat Semeru ini diikuti personel Polres Kediri, Kodim 0809, Polisi Militer, Senkom, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri. , , mengatakan bahwa sebanyak 191 personel bersama petugas gabungan lainnya akan memberikan pelayanan dan keamanan kepada masyarakat selama lebaran.

Operasi ketupat semeru tahun ini dimulai pada 22 April hingga 9 Mei 2022. Kemudian, lanjut Hendry, pemerintah juga memberikan kebijakan pelonggaran kepada masyarakat yang melaksanakan mudik sehingga petugas akan memberikan pelayanan semaksimal mungkin.

"Memang setelah 2 tahun yang lalu pemerintah melarang masyarakat untuk mudik. Tetapi untuk saat ini sudah ada pelonggaran sehingga arus lalu lintas diprediksi akan padat," ujarnya usai memimpin apel gelar pasukan operasi Ketupat Semeru 2022.

Dengan adanya pelonggaran dari pemerintah, petugas bakal melakukan antisipasi kepadatan arus lalu lintas kendaraan yang dimulai saat ini dengan melaksanakan operasi ketupat semeru. Hendry mengungkapkan, ada pemetaan lokasi rawan kemacetan ataupun kelonjakan kendaraan di wilayah Simpang Tiga Mengkreng yang merupakan jalur mempertemukan tiga kabupaten yakni Kediri, Jombang, dan Nganjuk.

Oleh karena itu, Polres Kediri telah melakukan pola rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan. "Kami mendirikan enam Pospam diantaranya Pospam Mengkreng, Papar, Plemahan, Kandangan, Badas, dan Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri," kata Hendry.

Ia menambahkan, lebaran tahun ini tidak ada penyekatan dari petugas seperti tahun sebelumnya. Namun, ada kebijakan mengenai masyarakat yang mudik harus sudah divaksin booster.

Sehingga, Polres Kediri telah membuka gerai vaksinasi di dan akan menyiapkan vaksinasi di pos pelayanan yang ditentukan, sehingga masyarakat yang belum divaksin maka bisa datang langsung.

"Harapannya semoga masyarakat mudik tahun ini bisa berjalan dengan lancar, aman, dan tetap utamakan keselamatan dalam berkendara," pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Mudik Ke Madiun, Siap-Siap Diisolasi Di Bekas Penjara Belanda Yang Angker':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO