Pastikan Bebas Formalin, Pemkab Mojokerto Ambil 284 Sampel Daging saat Sidak Pasar

Pastikan Bebas Formalin, Pemkab Mojokerto Ambil 284 Sampel Daging saat Sidak Pasar Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, saat memantau ketersediaan sembako jelang Hari Raya Idulfitri 1443 H.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, memantau ketersediaan sembako di Pasar Kemlagi, Selasa (26/4/2022). Sebanyak 284 sampel daging dari pedagang di sembilan pasar diambil untuk diuji laboratorium.

Komoditas daging sapi, daging ayam, dan olahan diambil untuk memastikan hewan aman, sehat, utuh, serta halal (ASUH) terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022, .

Pemeriksaan digelar di Pasar Raya Mojosari, Pasar Sawahan Bangsal, Pasar Pohjejer Gondang, Pasar Dinoyo Jatirejo, Pasar Kutorejo, Pasar Gempolkerep, Pasar Kedungmaling, Pasar Jetis, dan Pasar Kemlagi. Dalam pemeriksaan produk pangan asal hewan, terdapat standar untuk pemeriksaan uji laboratorium, untuk pengujian daging sapi meliputi uji formalin, uji pemalsuan daging babi, dan uji organoleptis.

Selanjutnya, dalam pemeriksaan daging ayam, meliputi uji formalin dan uji organoleptis, dan untuk olahan daging, uji formalin, uji boraks, uji pemalsuan daging babi, dan uji organoleptis sebagai standar pengujiannya.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita untuk melakukan pengendalian, perlindungan terhadap konsumen bagi pemakai pembeli daging sapi dan daging ayam di Kabupaten Mojokerto, kita berupaya untuk menjamin para konsumen bahwa daging sapi maupun daging ayam dibeli dalam kondisi baik dan aman layak dikonsumsi," kata Bupati Ikfina.

Simak berita selengkapnya ...