Qiyamul Lail dan Lomba Masak Bandeng Gresik, Gubernur Khofifah Pererat Keguyuban antar Kepala OPD

Qiyamul Lail dan Lomba Masak Bandeng Gresik, Gubernur Khofifah Pererat Keguyuban antar Kepala OPD Gubernur Khofifah dengan saat Salat Qiyamul Lail berjamaah di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (30/4/2022) dini hari. foto: Humas Pemprov Jatim

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur punya cara tersendiri dalam membangun ukhuwah keakraban dan kekompakan lahir dan batin di jajaran Kepala Pemprov Jawa Timur.

Upaya itu diwujudkan Gubernur dengan menggelar Salat Qiyamul Lail berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan Lomba Memasak Berbahan Dasar Bandeng Gresik, di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (30/4/2022) dini hari.

Rangkaian kegiatan tersebut sukses membuat jalinan ukhuwah kekeluargaan yang erat terjalin di antara para kepala Pemprov Jatim.

Untuk Qiyamul Lail berjamaah, Kepala Dinas Sosial Jatim Alwi mendapat amanah khusus untuk menjadi imam. Rangkaian salat malam berjamaah tersebut diharapkan menjadi penguat sambung rasa dan sambung batin di antara seluruh jajaran kepala agar kian tersatukan niatnya dalam menjalankan tugas memberi layanan terbaik bagi warga Jatim.

"Ini adalah upaya kita mengetuk pintu langitnya Allah agar kita semua diberikan semangat yang sama dalam menjalankan tugas, agar bisa membawa kesejahteraan dan keberkahan bagi warga Jatim," ucap Gubernur .

Setelah Qiyamul Lail rampung, barulah Gubernur mengajak para kepala menuju Gazebo Grahadi untuk menerima tantangan dalam Lomba Masak Berbahan Dasar Bandeng Gresik.

Bak kontes masak betulan, para kepala pun dibagi menjadi tim dan ditantang untuk menyajikan menu terbaik untuk disantap sebagai menu sahur hari ini.

Para kepala itu pun otomatis alih profesi menjadi koki handal. Para kepala yang laki-laki tak mau kalah dengan yang perempuan dalam mengolah bumbu masakan.

Bandeng Gresik mulai diolah menjadi berbagai menu yang bervariasi. Ada yang berkreasi membuat lodeh bandeng, asem-asem bandeng, bandeng woku, hingga bandeng yang digoreng dengan sambal terasi. Bahkan ada yang memasak bandeng dengan olahan masakan khas Makassar.

Gubernur bersama Wagub Emil Dardak berkeliling meninjau masakan di tiap-tiap kepala .

"Bandengnya dimasak apa ini pak? Dari aromanya tercium wangi yang sedap," tanya Gubernur kepada salah satu Kepala Jatim sambil tersenyum.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO