Hilal Tampak dari Bukit Condrodipo Gresik

Hilal Tampak dari Bukit Condrodipo Gresik Tim perukyat dari LF PCNU Gresik saat meneropong bulan untuk menentukan 1 Syawal 1443 H dari Bukit Condrodipo. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Empat perukyat dari Lembaga Falakiyah (LF) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik berhasil melihat hilal dari Bukit Condrodipo, , Kebomas, saat menggelar rukyatul hilal untuk penentuan 1 Syawal 1443 Hijriah, Minggu (1/5/2022) sore.

Keempat perukyat adalah, Ustadz Sholahuddin, Ustadz Inwanuddin, dan H. Syamsul Fuad. Mereka melihat hillal pada pukul 17:25:34 WIB. Kemudian Abidusy Syakur melihat hilal pukul 17:28:45 WIB.

Mereka melihat hilal baik dengan mata telanjang atau bil fikli maupun dengan alat canggih seperti teodolit dan teleskop binokular.

Usai hilal terlihat, kumandang takbir pun dibaca oleh panitia. Hal ini sekaligus menetapkan bulan Ramadan 1443 H terhitung 29 hari.

"Tadi tim sudah melakukan pemantauan sejak pukul 17:13:34 WIB. Hilal mulai terlihat pukul 17:25:34 sampai pukul 17:33:50 dengan ketinggian 4 derajat 3 menit 31 detik dengan sudut elongasi 6 derajat 34 menit 45 detik," ungkap Sekretaris LFNU Gresik Angga Purwancara.

Ia menjelaskan, pemantauan hilal hari ini didukung faktor cuaca yang cerah meski siangnya sempat mendung gelap.

"Saat rukyatul hilal, faktor yang paling utama adalah cuaca. Sekitar 8 menit para perukyat melihat hilal," jelasnya.

Hasil rukyatul hilal itu selanjutnya dilaporkan ke Kementerian Agama. Hal ini sebagai dasar untuk dilakukan sidang isbat. (hud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO