Lia Istifhama Punya Kans Jadi Senator Jatim

Lia Istifhama Punya Kans Jadi Senator Jatim Tabel survei ARCI tentang tokoh Jatim yang dipilih responden sebagai anggota DPD RI atau Senator. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tokoh perempuan Jawa Timur, Lia Istifhama mempunyai kans sebagai Senator dari Jatim. Potensi itu tergambar dari survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) tentang elektabilitas tokoh publik jika maju digelaran pemilihan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (Senator) pada tahun 2024.

Dari survei yang dilakukan ARCI pada tanggal 11 hingga 25 April 2022 tersebut, nama Dr. Lia Istifhama, M.E.I., elektabilitasnya naik signifikan. Meskipun, Ning Lia, sapaan akrabnya, belum memiliki jabatan dalam politik dan pemerintahan.

Ning Lia yang saat ini menjabat Ketua DPP Perempuan Tani HKTI Jawa Timur ini elektabilitasnya melonjak di bawah Ketua DPD RI, La Nyalla M Mattaliti. Dalam survei itu ARCI menyodorkan pertanyaan ke responden, jika Pemilu Pemilihan DPD RI dilakukan saat ini, siapa tokoh Jatim yang anda pilih?

“Hasil survei kami untuk tokoh publik Jawa Timur jika maju di pemilihan DPD RI, Dr Lia Istifhama di posisi kedua dengan persentase 10,2 peren, yang pertama Ketua DPD RI, La Nyalla M Mattaliti dengan persentase 12,7 persen," kata Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Sirajt, lewat keterangan tertulis, Senin (09/05/2022).

Baihaki mengungkapkan jika populasi survei ARCI dilakukan pada warga Jawa Timur yang sudah memiliki hak pilih pada pemilu mendatang, dan berumur 17 tahun atau sudah menikah. Dari populasi yang dipilih secara multistage random sampling sebanyak 1.200 responden. Dengan margin of error sebesar kurang lebih 3 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baihaki menjelaskan, responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh tim surveyor ARCI. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen, kemudian sampel (responden, red) didatangi kembali oleh supervisor atau spot check.

Survei wawancara langsung dilapangan yang di lakukan ARCI sejak 11 hingga 25 April 2022 tersebut.

"Nama Ning Lia Istifhama yang merupakan putri Almarhum KH Masykur Hasyim elektabilitasnya naik signifikan mengejar Ketua DPR RI di pemilu DPD RI," ungkap Baihaki menjelaskan hasil survei ARCI.

Sementara beberapa waktu lalu, publik juga menilai terhadap pemimpin milenial Jatim yang paling disukai dalam survei ARCI. Dalam survei tersebut, tiga besar adalah Emil Elestianto Dardak 19,6 persen, Fandi Akhmad Yani 15,7 persen, dan Lia Istifhama 15,2 persen. (mdr/ari)

Berikut hasil Survei ARCI Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI):

1. Lanyala M Mattaliti 12,7 %.

Simak berita selengkapnya ...