Wujudkan Zero Knalpot Brong, Polres Ngajuk Gandeng Kades dan Komunitas Beri Edukasi Masyarakat

Wujudkan Zero Knalpot Brong, Polres Ngajuk Gandeng Kades dan Komunitas Beri Edukasi Masyarakat Anggota Satlantas Polres Nganjuk saat mengunjungi sebuah toko penjual sparepart motor.

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Polres mencanangkan program zero . Program itu bertujuan menekan peredaran penggunaan knalpot yang mengeluarkan suara bising tersebut.

Kasatlantas Polres AKP Indra Budi Wibowo menyebut, program zero dilantarbelakangi banyaknya laporan warga atas penggunaan yang dinilai meresahkan.

"Dari beberapa waktu belakangan, semakin banyak laporan yang kami terima lewat (aplikasi) wayahe lapor kapolres terkait keluhan atas penggunaan oleh pengandara motor di . Oleh karena itu, program zero ini menjadi prioritas kami demi memberi kenyamanan bagi warga," ucap Indra.

Menurutnnya, pelaksanaan program ini mulai diintensifkan sejak bulan Mei 2022. Hasilnya, polisi berhasil 168 dari sejumlah penindakan di berbagai wilayah Kabupaten

Penindakan dilakukan atas pertimbangan sejumlah faktor. Selain melanggar aturan mengenai tingkat kebisingan yang berdampak pada kenyamanan warga, juga berpotensi menimbulkan gesekan antarkelompok.

"Suara keras dari ketika digeber oleh pengendara bisa saja disalahpahami sebagai bentuk provokasi bagi orang atau kelompok lain. Karenanya, menjadi salah satu prioritas kami ke depan demi menjaga suasana kondusif di Kabupaten ," tuturnya.

Sebelumnya, Kapolres AKBP Boy Jeckson mengingatkan agar anggotanya mengedepankan langkah preemtif dan preventif dalam program penertiban .

Ia juga meminta jajaran menggandeng sejumlah pihak untuk membangun kesadaran pengendara motor agar tidak lagi memakai . Di antaranya, dengan memberikan edukasi kepada toko-toko penjual dan komunitas kendaraan yang menggunakan . (raf/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dua Pekan Operasi Tumpas Narkoba Semeru, Polres Nganjuk Ringkus 15 Pengedar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO