Jadi Tradisi, Ratusan Koper Jemaah Haji di Tuban Dihiasi Aksesoris, Mulai Boneka hingga Tali Rafia

Jadi Tradisi, Ratusan Koper Jemaah Haji di Tuban Dihiasi Aksesoris, Mulai Boneka hingga Tali Rafia Seorang petugas sedang menata koper para jemaah haji. Tampak setiap koper jemaah memiliki tanda khusus yang dipasang pemiliknya. Seperti foto pribadi, boneka, gantungan kunci, hingga tali rafia.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan koper Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten mulai dikumpulkan di kantor kemenag setempat, Kamis (2/6/2022). Selanjutnya, barang bawaan jemaah haji itu akan dikirim ke Embarkasi Kemenag Jatim.

Seperti telah menjadi tradisi turun-temurun, setiap koper jemaah memiliki tanda khusus yang dipasang pemiliknya. Seperti foto pribadi, boneka, gantungan kunci, tali rafia, dan sejumlah barang dipasang di koper jemaah.

Bahkan, beberapa orang menandai kopernya dengan bungkus jagung, memakai tutup botol obat tanaman, hingga selendang. Hiasan itu sengaja dipasang para CJH untuk memudahkan barang bawaan dikenali.

"Dikasih tanda supaya tidak tertukar dan lebih mudah dikenali. Ada yang pakai boneka, gantungan kunci, dan bermacam-macam ornamen lain," ujar Supangat, salah satu CJH Kabupaten .

Di tempat yang sama, salah satu CJH asal Kebonsari, Muslihin (56) juga memberi tanda khusus di kopernya. Namun terkait isinya, dirinya lebih mengutamakan membawa persediaan makanan yang cukup banyak. Sebab, ia khawatir tidak cocok dengan makanan Arab Saudi.

"Pakaian saya minimalkan, lebih banyak isi makanan dan obat biar di sana sehat," tutur pria yang juga tenaga kesehatan ini.

Muslihin berharap, agar pelayanan haji tahun ini bisa lebih optimal. Sebab menurutnya, jumlah CJH hanya sepertiga dari kuota biasanya. Tahun ini dirinya berangkat bersama istri setelah masuk kuota cadangan di tahun 2019 lalu.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO