Kembangkan Potensi Kopi Robusta Desa Kare, DPMD Jatim Gelar Pelatihan Barista

Kembangkan Potensi Kopi Robusta Desa Kare, DPMD Jatim Gelar Pelatihan Barista Para peserta Sinando di Desa Kare saat praktik menjadi barista. foto: HENDRO SUHARTONO/ BANGSAONLINE

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka mengembangkan olahan kopi agar lebih inovatif, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur (Jatim) menggelar pelatihan (penyaji kopi), Kamis (2/6/2022).

Bertempat di Kecamatan Kare, Kabupaten , pelatihan itu dikemas dalam acara Sinau Nang Deso (Sinando).

Kepala Seksi Pemberdayaan Usaha Masyarakat (Kasi PUM) DPMD Jatim, Agus Yuda Wasono, mengungkapkan pihaknya sengaja memilih sebagai tempat pelatihan. Sebab,  sudah dikenal sebagai jenis robusta sejak zaman penjajahan Belanda.

"Diadakannya Sinando ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas usaha ekonomi masyarakat, dengan pola pembelajaran yang menghadirkan narasumber yang berpengalaman di bidangnya," terang Agus kepada BANGSAONLINE.com

"Materinya menyesuaikan potensi yang ada di desa tersebut. Karena , maka kita adakan pelatihan ," ujarnya.

Dengan adanya pelatihan ini, Agus berharap masyarakat sekitar bisa menjadi wirausahawan di bidang pembuatan maupun penyajian minuman kopi yang lebih kekinian. Sedangkan bagi mereka yang sudah mempunyai usaha, bisa meningkatkan kapasitasnya.

Sunarno, Kepala , mengapresiasi kegiatan DPMD Jatim. Ia berharap para peserta memperhatikan dan menyimak materi untuk diterapkan saat mulai berbisnis kopi.

"Semoga para remaja yang menjadi peserta ini mengikuti dengan seksama dan nantinya bisa mereka praktikkan sendiri," ungkap Sunarno. (dro/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO