Lewat Seni Tari, Meril Kenalkan Pakaian Khas Kediri ke Dunia

Lewat Seni Tari, Meril Kenalkan Pakaian Khas Kediri ke Dunia Meril mengenakan Pakaian Khas Kabupaten Kediri, Ken Kadiri, saat berada di Turki. Foto: Ist.

ISTANBUL, BANGSAONLINE.com 2022 yang digelar di , Turki, jadi ajang untuk mengenalkan agar semakin mendunia. Pakaian itu dikenakan oleh Gelar Gian Crismeril, saat tampil menari mewakili delegasi Indonesia.

Seniman tari yang arab disapa Meril itu mengaku bangga memakai dalam di . Hal itu diungkapkannya di akun instagram pribadinya @ggcmerryl.

"Hari ini saya memperkenalkan pakaian Khas Kabupaten Kediri, yaitu di Leading Asia Market in Turkey @pasarsenggol.tr yang dihadiri beberapa Negara dari penjuru Dunia," tulis Meril yang terlihat sangat cantik mengenakan setelan .

Turki 2022 merupakan program kerja sama antara PPI Turki dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Turki. Pameran produk UMKM dan Budaya Indonesia di Turki tersebut digelar di Halic Congress Center (Galata Ballroom) Turki pada Minggu, 5 Juni 2022.

Meril yang merupakan guru bimbingan konseling (BK) sekaligus pendidikan seni budaya di SMP Muhammadiyah 1 Pare itu berterima kasih karena telah diberikan kesempatan sebagai delegasi Indonesia, khususnya dari Kabupaten Kediri.

"Sebenarnya saya ditugaskan untuk penampilan tari. Tetapi saya juga berusaha mengenalkan baju khas Kediri di sini, supaya mereka tahu Kabupaten Kediri di Jawa Timur juga memiliki baju khas (adat) seperti daerah-daerah lain," ucapnya.

Menurutnya, tampil mengenakan pakaian khas sekaligus menunjukkan bahwa Indonesia sangat kaya akan budaya. Yaitu terdiri dari 16.000 pulau dan memiliki ribuan suku. Tentunya, hal itu merupakan sebuah kebanggaan bagi warga Indonesia karena tak dimiliki oleh negara lain.

Meril mengatakan, salah satu cara terbaik melihat keragaman budaya tiap suku bangsa di tanah air adalah lewat pakaian khas. Apalagi, tiap pakaian khas memiliki cerita unik, sehingga menambah keistimewaan pakaian adat tersebut.

Seperti untuk putri, , dengan motif lidah api yang merupakan representasi dari Ibu kota Kediri, yakni Dahanapura. Pakaian dengan warna dasar merah maroon inilah yang dia kenakan dalam festival itu.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO